Home Makro Penurunan Suku Bunga BI Bisa Jadi Sentimen Positif

Penurunan Suku Bunga BI Bisa Jadi Sentimen Positif

Jakarta, Gatra.com– Co-Founder Tumbuh Makna, Fenny Tjahyadi memperkirakan, bahwa Bank Indonesia (BI) kemungkinan akan menurunkan suku bunga dalam beberapa waktu ke depan, sehingga dinilai sangat kondusif dan sangat bagus bagi para investor untuk mengambil peluang yang ada.

“Berdasarkan konsensus di pasar, kita melihat bahwa BI masih punya ruang untuk menurunkan tingkat suku bunga. Kita memperkirakan penurunannya itu bisa sampai 50 hingga 75 basis point itu sampai di awal 2024," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/7).

Dengan adanya kemungkinan penurunan suku bunga ini, Fenny melihat akan ada sentimen positif, terutama di instrumen pendapatan tetap seperti obligasi. "Itu tercermin dari net buy asing per bulan Juni sampai akhir Juni itu mencapai Rp80 triliun,” katanya.

Dari sektor IHSG 2023, Fenny menilai, valuasi yang terjadi saat ini sangat menarik untuk para investor. “Kalau untuk pandangan IHSG sebenarnya kita melihat dengan valuasi yang sekarang sudah cukup menarik," paparnya.

Jadi, lanjut dia,valuasi ini mirip dengan awal pandemi. "Jadi sebenarnya cukup berpeluang untuk bisa mengambil posisi lagi di pasar, hanya saja para investor perlu mewaspadai potensi risiko yang ada,” ujarnya.

Baca juga: OJK dan BPKP Perkuat Pengawasan Sektor Jasa Keuangan

Sementara untuk sektor saham, Fenny melihat setidaknya ada dua sektor yang memilki potensi bagus, terutama menjelang pemilu 2024, yakni sektor properti dan telekomunikasi. “Kalau sektor mungkin bisa mempertimbangkan sektor-sektor yang terdampak oleh penurunan suku bunga tadi, mungkin misalnya seperti properti atau menjelang pemilu ini, sektor telekomunikasi dengan penunjangnya itu juga akan menarik,” tambah Fenny menganalisa.

Melihat kondisi global dan pasar yang begitu dinamis, Analis dan Perencana Keuangan Benny Sufami menekankan bagi para investor untuk sabar dalam melakukan investasi pada 2023. Menurutnya, potensi pasar yang saat ini sangat menarik dan menguntungkan harus dapat dicermati dengan baik dan tepat. 

“Investor harus sabar dan menunggu karena ada potensi yang cukup menarik pada 2023 ini. Tren ini seperti Maret 2020 lalu di mana akan ada pertumbuhan yang positif sehingga dalam 12 bulan kita bisa melesat bila berkaca pada awal pandemi,” ujarnya.

Meski optimis melihat data makro pada 2023 ini, Benny menekankan bahwa para investor harus tetap berpatokan pada profil risiko masing-masing. “Saya rasa dengan fakta dan data yang ada, kita mesti optimis ekonomi kita akan berkembang. Hanya saja kita mesti hati-hati dalam mengambil kesempatan ini. Dalam konteks investasi, investor perlu memahami risikonya, sesuai dengan profil risiko masing-masing, baru kemudian melihat return-nya,” katanya.

Baca juga: Ternyata Ini yang Bikin Indonesia Terjerat dalam Ancaman Middle Income Trap

Benny juga mengajak para investor untuk terus mengembangkan keahlian dan memperdalam keilmuan dalam melakukan investasi. Salah satunya dengan menguatkan literasi investasi dengan membaca dan memantau perkembangan ekonomi yang terjadi.

“Investor mesti pula mengetahui profil diri sendiri untuk mencegah kesalahan atau bahkan investasi yang tidak sesuai. Lewat metode 2L (Legal dan Logis) dalam berinvestasi, disertai memperdalam literasi investasi, investor akan terhindar dari kerugian,” kata Benny mengakhiri.

25