Home Kalimantan Nama Calon Pj Bupati Tala Menggelinding, Partai NasDem Ingatkan Aturan Dibawa ke Paripurna

Nama Calon Pj Bupati Tala Menggelinding, Partai NasDem Ingatkan Aturan Dibawa ke Paripurna

Pelaihari, Gatra.com - Ketua Partai NasDem Kabupaten Tanah Laut (Tala), Abdi Rahman mengingatkan Ketua DPRD Tanah Laut dan semua Fraksi untuk mematuhi tata tertib (tatib), dalam mengusulkan nama calon Penjabat (Pj) Bupati Tala.

Diketahui, Bupati Tanah Laut akan mengakhiri masa jabatannya pada 19 September 2023 mendatang.

"Sesuai Peraturan Mendagri, yang bisa mengusulkan Pj adalah Kemendagri, Gubernur dan DPRD melalui ketua," ujar Abdi Rahman kepada Gatra.com, Rabu (2/8).

Dia mengatakan, di kalangan DPRD Tala sendiri, sampai saat ini belum ada di gelar rapat paripurna untuk mendengarkan usulan nama penjabat dari setiap fraksi, guna diputuskan beberapa nama yang akan disampaikan ke Mendagri.

"Saya belum mendengar kapan akan digelar paripurna. Dalam aturan jelas harus melalui paripurna dan bukan diusulkan oleh ketua dewan," tegasnya.

Abdi mengharapkan, DPRD Tala dalam mengusulkan nama calon Pj bupati Tala harus melalui paripurna. 

"Kalau tidak melalui paripurna, saya mempertanyakan pemahaman semua anggota dewan, apakah memahami tatib atau tidak. Saya sebagai ketua Partai NasDem Tanah Laut mempertanyakan itu," tegasnya.

Abdi tidak terima dan akan mempersoalkan kalau nama - nama calon Pj bupati diserahkan begitu saja oleh pimpinan DPRD Tala ke Mendagri, tanpa melalui mekanisme paripurna. 

"Sampai hari ini belum ada jadwal paripurna, tapi mau diserahkan langsung ke kementerian. Ketika ada bunyi lembaga, tidak bisa pimpinan mengambil alih. Kalau tidak melaksanakan, akan panjang ceritanya nanti sama Ketua NasDem Tala. Harus tegak lurus karena ada pedoman. Karena 'kitab suci' dewan itu adalah tatib," katanya.

Abdi menyebut sepanjang sesuai dengan tata tertib, siapa pun nanti yang ditunjuk Kemendagri menjadi Pj Bupati Tanah Laut, maka itulah yang terbaik.

Sumber Gatra menyebutkan, ada tiga nama yang akan diusulkan DPRD Tanah Laut mengisi jabatan Pj bupati di Kabupaten berjuluk 'Bumi Tuntung Pandang" itu yakni, Muhammad Tambrin (Kakanwil Kemenag Kalsel), Syamsir Rahman (Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel) dan satunya lagi dari Kementerian Dalam Negeri.

Sedangkan yang diusulkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor untuk mengisi jabatan Pj bupati Tala adalah, Syamsir Rahman (Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel), Mahyuni (Kadis Perindustrian Kalsel) dan Dr Ana Martiana Afida (Dirut RSJD Sambang Lihum).

312