Home Keuangan Gubernur BI Pamer Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik di Dunia

Gubernur BI Pamer Rupiah Jadi Mata Uang Terbaik di Dunia

Jakarta, Gatra.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengungkapkan bahwa Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 merupakan mata uang terbaik di dunia.

Hal tersebut disampaikan Perry dalam sambutanya di acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) yang digelar di Istora Senayan, Jakarta pada hari ini, Jumat (18/8).

"Yang kedua adalah bangga, bahwa rupiah ini adalah the best, yang terbaik di seluruh dunia," kata Perry.

Dalam kesempatan tersebut Perry juga mengeklaim bahwa, uang rupiah tahun emisi 2022 tidak bisa dipalsukan. "Inilah bangga rupiah," katanya.

Untuk diketahui, Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 yang terdiri dari tujuh pecahan yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp 5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 telah dinobatkan oleh International Association of Currency Affairs (IACA) sebagai best new banknote series pada Currency Award ke-17 tahun 2023 di Meksiko (16/5).

Capaian pada posisi tertinggi dari uang Rupiah TE 2022 dalam penghargaan tingkat dunia tersebut merupakan salah satu bentuk afirmasi dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia.

Adapun uang Rupiah ini dilengkapi dengan berbagai penguatan dan inovasi pada aspek desain, unsur pengaman, dan bahan uang. Tujuannya agar uang Rupiah semakin indah, lebih aman, dan lebih tahan lama.

Inovasi dan penguatan pada uang Rupiah tersebut menjadikannya semakin mudah dikenali, sulit untuk dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama. Sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

13