Home Keuangan BI Proyeksikan Pembiayaan Korporasi Juli 2023 Tumbuh Terbatas

BI Proyeksikan Pembiayaan Korporasi Juli 2023 Tumbuh Terbatas

Jakarta, Gatra.com- Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pembiayaan korporasi pada Juli 2023 tumbuh terbatas. Hal tersebut tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 17,6% pad Juni 2023.

Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pembiayaan yang berasal dari perbankan dalam negeri dan pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik.

Baca juga: Jokowi Beberkan Lima Strategi Ekonomi di Arsitektur APBN 2024

Lebih lengkap, SBT penyaluran kredit baru pada Juli 2023 tercatat sebesar 45,1%, tumbuh positif meski lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 81,7%.

"Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Juli 2023 juga terindikasi tumbuh terbatas dibandingkan bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan resmi pada Jumat (18/8).

Faktor utama yang mempengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

Baca juga: Jokowi Gelontorkan Anggaran Rp108,8 Triliun untuk Ketahanan Pangan di APBN 2024

Sementara itu, untuk keseluruhan pada kuartal-III 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan diperkirakan meningkat. Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru terindikasi meningkat pada Juli 2023.

Sementara itu, pemenuhan pembiayaan yang berasal dari bank umum sedikit melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Adapun selain perbankan, sumber pembiayaan lain yang menjadi preferensi rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan antara lain koperasi dan leasing.

8