Home Makro BI: Cadangan Devisa Indonesia pada Agustus 2023 Turun jadi US$137,1 Miliar

BI: Cadangan Devisa Indonesia pada Agustus 2023 Turun jadi US$137,1 Miliar

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2023 sebesar US$137,1 miliar atau menurun jika dibandingkan dengan bulan lalu yakni sebesar US$137,7 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Dan untuk kebutuhan stabilisasi nilai tukar Rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," katanya dalam keterangan resmi pada Jumat (8/9).

Baca juga: Bos BI Bidik Inflasi RI Turun ke Level 2,5 Persen pada 2024

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Baca juga: OJK: Sektor Jasa Keuangan Nasional Tetap Stabil di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

Ke depan, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

24