Home Kesehatan Enam Ratus Ribu Ibu Nasabah PNM Mendapat Edukasi Penerapan PHBS

Enam Ratus Ribu Ibu Nasabah PNM Mendapat Edukasi Penerapan PHBS

Makassar, Gatra.com – Sebanyak 600 ribu nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendapatkan edukasi penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui program Ibu Sehat Keluarga Sejahtera (Bu Karsa).

Direktur Utama (Dirut) PT PNM, Arief Mulyadi, dalam keterangan pada Sabtu (9/9), menyampaikan, pihaknya memberikan edukasi tersebut dalam Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) bekerja sama dengan Unilever Indonesia.

Ia menjelaskan, nasabah PNM Mekaar seluruhnya merupakan perempuan prasejahtera yang bereperan besar dalam mengurus keluarga, di antaranya membantu ekonomi dan kesehatan mereka.

Arief menyampaikan, pihaknya terus mengoptimalkan peran kaum ibu melalui berbagai pelatihan, salah satunya program Bu Karsa untuk bidang kesehatan.

“Ibu-ibu ini yang paling berperan untuk mengatur hal-hal dasar di dalam keluarga, mulai dari kebersihan, kesehatan, sampai nutrisi, dari makanan. Untuk itu, edukasi ini akan kita maksimalkan agar mudah diterapkan,” kata Arief.

Selain edukasi, lanjut Arief, pihaknya juga berharap keberlanjutan program, khusunsya di bidang kesehatan dapat diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari para nasabah dan keluarganya.

Ia menjelaskan, kerja sama dengan Unilever Indonesia ini dalam hal pemberdayaan perempuan prasejahtera Indonesia yang sudah diinisasi dari tahun 2021, yakni soal PHBS. Pada tahun ini, dilaksanakan secara serentak dilaksanakan di 12 kota atau kabupaten di 6 provinsi.

Memasuki tahun ketiga, lanjut Arief, PNM dan Unilever Indonesia meluncurkan Bu Karsa pada akhir pekan ini di Taman Pakui Sayang, Makassar. Bagi PNM, inisiatif ini adalah bentuk pemberian modal intelektual kepada nasabah binaan PNM.

Menurutnya, PNM memberikan 3 modal utama kepada pelaku usaha ultramikro yaitu finansial, intelektual, dan sosial. Sedangkan bagi Unilever, program ini merupakan salah satu perwujudan komitmen perusahaan untuk sama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Senada dengan Arief, Direktur dan Sekretaris Perusahaan (Sekper) Unilever Indonesia, Nurdiana Darus, mengatakan, peran perempuan, terutama ibu sangat penting dalam meningkatkan kesadaran anggota keluarga untuk menerapkan PHBS.

“Program Bu Karsa ini merupakan salah satu wujud nyata komitmen Unilever Indonesia dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Nurdiana.

Sebagai informasi, pada 2021 dan 2022, program Bu Karsa sudah menjangkau lebih dari 1 juta perempuan yang merupakan nasabah PNM Mekaar. Program ini dikemas dalam 4 pesan edukasi utama, yaitu pencegahan penyakit menular, kebersihan diri, keluarga dan lingkungan, pemilahan dan pengolahan sampah, serta isi piringku sesuai panduan resep Nutrimenu.

Arief menambahkan, program ini juga bentuk konsen PNM dalam tiga pilar pembangunan, yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan yang menjadi isu pembangunan global dalam membantu mencapai 17 indikator pada tujuan pembangunan berkelanjutan atausustainable Development Goals (SDGs).

69