Home Internasional Perancis Melarang Peredarannya, Singapura Pantau Kasus Iphone 12

Perancis Melarang Peredarannya, Singapura Pantau Kasus Iphone 12

Singapura, Gatra.com – Otoritas Singapura terus memantau perkembangan setelah regulator Perancis memperingatkan bahwa iPhone 12, memancarkan tingkat radiasi elektromagnetik yang berada di atas standar paparan Uni Eropa.

Badan Frekuensi Nasional Perancis (ANFR), yang mengawasi frekuensi radio-listrik, pada 12 September memerintahkan Apple untuk berhenti menjual iPhone 12, dan memperbaiki ponsel yang sudah ada.

Namun raksasa teknologi Amerika Serikat itu membantah temuan tersebut dan mengatakan perangkat tersebut mematuhi peraturan.

Otoritas Pengembangan Media Infocomm (IMDA) Singapura dan Badan Lingkungan Hidup Nasional (NEA) mengatakan pada hari Jumat, bahwa sebelum peralatan pemancar frekuensi radio (RF) seperti iPhone disetujui untuk digunakan di sini, peralatan tersebut harus memenuhi persyaratan keselamatan yang ketat.

Dikutip Channelnewsasia (CNA) IPhone 12 mulai dijual di Singapura pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Perancis Hentikan Penjualan iPhone 12 akibat Pancaran Radiasi Terlalu Tinggi

IMDA dan NEA mengatakan Apple telah menyerahkan laporan pengujian RF untuk model ponsel tersebut, yang menunjukkan bahwa ponsel tersebut memenuhi standar internasional yang berlaku, termasuk standar UE, ketika ponsel tersebut pertama kali didaftarkan dan kemudian disetujui untuk dijual di Singapura.

IMDA telah menghubungi Apple terkait temuan Perancis tersebut.

“IMDA berhubungan dengan Apple Singapura dan memahami dari Apple bahwa iPhone 12-nya disertifikasi oleh beberapa badan internasional dan diakui mematuhi semua peraturan dan standar Tingkat Penyerapan Spesifik (SAR) yang berlaku secara global,” kata IMDA dan NEA menanggapi pertanyaan CNA.

"NEA dan IMDA ingin meyakinkan masyarakat bahwa persyaratan keselamatan yang ketat telah diterapkan sebelum peralatan pemancar RF disetujui di Singapura. Kami akan memantau perkembangan lebih lanjut dalam kasus ini," katanya.

Apple membantah temuan Perancis, dengan mengatakan iPhone 12 memenuhi aturan radiasi. 

Menurut situs NEA, Singapura mengambil panduan mengenai radiasi RF dari standar Komisi Internasional untuk Perlindungan Radiasi Non-Ionis (ICNIRP).

“ICNIRP adalah organisasi internasional independen yang secara resmi diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia,” kata NEA.

“Ini memberikan saran dan panduan ilmiah mengenai dampak radiasi non-ionisasi terhadap kesehatan dan lingkungan. Pedomannya diterima secara luas oleh banyak negara.”

Badan-badan tersebut mengatakan semua model ponsel harus menyatakan kesesuaiannya dengan Standar Telekomunikasi Singapura, sebelum dapat dijual di sini. 

“Vendor peralatan akan menyerahkan laporan pengujiannya yang dilakukan oleh laboratorium pengujian terakreditasi dan bersertifikat sebagai bukti kesesuaian,” tambah mereka.

Associated Press melaporkan pekan lalu bahwa ANFR menemukan tingkat penyerapan energi elektromagnetik sebesar 5,74 watt per kilogram selama pengujian iPhone 12 di tangan atau saku, lebih tinggi dari standar UE sebesar 4,0 watt per kilogram.

Badan tersebut mengatakan bahwa iPhone 12 memang memenuhi ambang batas ketika tingkat radiasi dinilai untuk ponsel yang disimpan di dalam jaket, atau di dalam tas.

Meskipun Apple membantah temuan tersebut, dengan mengatakan bahwa iPhone 12 telah disertifikasi oleh beberapa badan internasional karena memenuhi standar global, Apple setuju untuk mengeluarkan pembaruan perangkat lunak untuk mengakomodasi metode pengujian yang digunakan di Perancis.

76