Home Regional Penjabat Gubernur Jawa Tengah Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

Solo, Gatra.com - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap cuaca ekstrem yang disebabkan El Nino. Bahkan karena panasnya cuaca, rawan terjadi kebakaran di hutan dan permukiman padat penduduk.

Hal ini disampaikan Nana usai meninjau lokasi kebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon, Solo, pada Rabu (4/10). ”Tadi kami sudah meninjau lokasi kebakaran. Alhamdulillah sudah bisa dipadamkan. Kerugiannya masih dihitung sampai saat ini. Kalau korban jiwa tidak ada,” katanya usai tinjauan.

Ada delapan bangunan yang terdampak kebakaran ini. Bangunan-bangunan yang terdampak tersebut akan segera diperbaiki Pemkot Solo.

”Akan segera diperbaiki dan direhabilitasi. Sampai saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki,” katanya.

Nana memastikan pemerintah akan memberikan bantuan pada korban kebakaran. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada karena saat ini perubahan iklim dan efek fenomena El Nino menimbulkan kekeringan dan kebakaran yang parah.

"Banyak sekali yang kebakaran baik itu di permukiman termasuk di hutan. Terkait dengan masalah permukiman, saya selaku Penjabat Gubernur Jawa Tengah mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati," ujarnya.

17