Home Nasional Demo Udara 91 alutsista TNI Meriahkan HUT ke-78 TNI di Monas

Demo Udara 91 alutsista TNI Meriahkan HUT ke-78 TNI di Monas

Jakarta, Gatra.com- Demo udara dari ketiga matra TNI mengisi langit kawasan Monas untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 TNI. Mulai dari helikopter hingga pesawat tempur milik TNI ditampilkan kebolehannya.

Sebanyak 91 pesawat yang terbagi menjadi beberapa regu melintas dari arah Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Merdeka Barat. Tidak hanya itu, beberapa alutsista udara juga melintas langsung dari Jalan Merdeka Selatan, melewati podium para tamu undangan menuju Monas.

Beberapa pesawat pun sempat melakukan manuver udara, seperti melintas menyilang di depan Monas dengan formasi fly pass. Misalnya, Bonansa Flight dengan formasi lima pesawat dengan flare asap warna-warni. Lalu ada juga pesawat angkut berat yang merupakan salah satu alutsista udara terbaru, yaitu Rajawali Flight.

Kemudian, terdengar gemuruh dari formasi tempur Golden Flight dengan pesawat jenis M16 Fighting Falcon dari TNI AU yang melintas dari kanan podium dengan formasi aero head formation pass.

Tim demo udara yang terdiri dari Jupiter Aerobatic Team dan Pegasus Aerobatik Team juga berhasil membentuk gambar hati dengan asap ekor pesawat di samping Monas. Sebelumnya, beberapa pesawat pun sempat melakukan manuver loop dan barrel roll.

Empat helikopter berwarna abu putih milik TNI AU pun ikut menampilkan kebolehan mereka dengan menari mengitari Monas sambil diiringi lagu gemu famire. Melihat atraksi yang ditampilkan, masyarakat pun bersorak sorai.

Sebagai penutup demo udara hari ini adalah manuver dari pesawat tempur F-16 TNI AU yang melintas dari arah Jalan Merdeka Selatan dan menghilang di langit belakang Monas. Deru dan percikan api dari pesawat tempur F-16 TNI AU menunjukkan kekuatan TNI untuk menjaga keamanan udara Indonesia.

 

39