Home Hukum KPK Duga Duit Miliaran Hasil Korupsi Syahrul Yasin Limpo Mengalir ke Keluarga hingga Partai NasDem

KPK Duga Duit Miliaran Hasil Korupsi Syahrul Yasin Limpo Mengalir ke Keluarga hingga Partai NasDem

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan uang hasil dugaan korupsi di Kementerian Pertanian RI digunakan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk keperluan pribadi, keluarga hingga ke Partai NasDem.

“Penggunaan uang oleh SYL yang juga diketahui KS (Kasdi Subagyono) dan MH (Muhammad Hatta) antara lain untuk pembayaran cicilan kartu kredit, cicilan pembelian mobil Alphard milik SYL, perbaikan rumah pribadi, tiket pesawat bagi keluarga, hingga pengobatan dan perawatan wajah bagi keluarga yang nilainya miliaran rupiah,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (13/10).

Menurut Alex, uang yang dinikmati SYL bersama-sama dengan Kasdi Subagyono dan Muhammad Hatta sebagai bukti permulaan sejumlah sekitar Rp13,9 miliar dan penelusuran lebih mendalam masih terus dilakukan Tim Penyidik KPK.

Terdapat juga penggunaan uang dengan nilai miliaran rupiah lain oleh SYL bersama-sama dengan Kasdi Subagyono dan Muhammad Hatta serta sejumlah pejabat di Kementerian Pertanian untuk ibadah Umroh di Tanah Suci.

“Selain itu sejauh ini ditemukan juga aliran penggunaan uang sebagaimana perintah SYL yang ditujukan untuk kepentingan partai Nasdem dengan nilai miliaran rupiah dan KPK akan terus mendalami,” ungkap Alex.

“Penerimaan-penerimaan dalam bentuk gratifikasi yang diterima SYL bersama-sama KS dan MH masih terus dilakukan penelusuran dan pendalaman oleh Tim Penyidik,” imbuhnya.

280