Home Apa Siapa Masuki Musim Penghujan, Ini Tips Dandim Demak untuk Masyarakat

Masuki Musim Penghujan, Ini Tips Dandim Demak untuk Masyarakat

Demak, Gatra.com – Sejumlah daerah di Jawa Tengah mulai dilanda hujan. Masyarakat pun diminta bersiap untuk menyambut pergantian musim tersebut.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Kav Maryoto, S.E., M.Si., M.M., mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Kabupaten Demak untuk mempersiapkan menghadapi musim hujan ini, dimana dengan beberapa persiapan akan memudahkan masyarakat ketika hujan turun di waktu yang tidak menentu.

Baca Juga: Percepat Penurunan Stunting, Pemprov Jateng Akan Optimalkan Intervensi di 20 Daerah

“Persiapan yang kita lakukan nantinya juga mampu menghindarkan masyarakat dari potensi paparan penyakit penyerta yang biasa datang bersamaan dengan musim hujan seperti flu, diare, leptospirosis yang terbawa bersama banjir, hingga penyakit kulit dan demam berdarah,” ujarnya, Senin (6/11).

Menurut Dandim banyak hal yang dapat dipersiapkan untuk melindungi kita saat musim hujan berlangsung, diantaranya selalu sedia payung atau jas hujan saat hendak keluar rumah, memakai jaket saat berkendara, jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan sehat, dan memastikan kendaraan untuk bekerja selalu dalam kondisi baik.

“Cuaca yang terasa sangat panas pada siang hari, dan tiba-tiba terasa dingin, juga menjadi salah satu penyebab sakit. Oleh karenanya, jaga dengan olahraga teratur, makan teratur dan selalu terapkan PHBS,” terangnya.

Baca Juga: Gelar GPM Guna Stabilisasi Harga Pangan di Kabupaten Demak

Selain itu, untuk mencegah terjadinya banjir dan penyebaran penyakit demam berdarah, warga dapat melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan selokan atau parit guna meminimalisir potensi banjir akibat saluran air yang tersumbat, dan menutup bak penampungan air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Dengan menerapkan berbagai persiapan, diharapkan masyarakat dapat lebih siap dalam menjalani aktivitas di tengah musim hujan mendatang. Dan ingat, selalu jaga kesehatan diri dan keluarga kita di saat musim penghujan akhir tahun ini,” tandasnya.

91