Home Hukum Kapolda Metro Jaya Datang Kebareskrim saat Pemeriksaan Firli Bahuri

Kapolda Metro Jaya Datang Kebareskrim saat Pemeriksaan Firli Bahuri

Jakarta, Gatra.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto menyambangi Gedung Bareskrim Mabes Polri. Karyoto datang saat Ketua KPK, Firli Bahuri, menjalani pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kapolda datang sekitar pukul 13.16 WIB. Jenderal bintang dua itu masuk Gedung Bareskrim Polri lewat lobi depan dan masuk lift VIP yang diduga menuju lantai 6 Dittipidkor Bareskrim Polri menggunakan lift VIP, tempat Firli Bahuri diperiksa. Tak ada pernyataan dari Kapolda. Dia tampak dikawal oleh ajudannya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan pemeriksaan Firli Bahuri hampir selesai. Namun, dia tidak memastikan kapan selesainya.

"Hampir selesai," ujar Ade saat dikonfirmasi, Kamis, (16/11).

Firli dipanggil untuk menjalani pemeriksaan mulai pukul 10.00 WIB. Namun, dia datang lebih awal yakni pukul 09.00 WIB. Kedatangannya tidak terpantau awak media.

Tiga Kali Mangkir

Tercatat, Firli Bahuri sudah tiga kali mangkir dalam panggilan pemeriksaan Polda Metro Jaya. Pertama, saat panggilan pemeriksaan perdana pada Jumat, 20 Oktober 2023. Firli beralasan tidak bisa hadir karena ada kegiatan dinas dan perlu mengkaji materi pemeriksaan.

Kemudian, Polda Metro menjadwalkan ulang panggilan pemeriksaan pada Selasa, 24 Oktober 2023. Firli memenuhi panggilan dengan permintaan pemeriksaan dilakukan di Gedung Bareskrim Polri ruang Riksa Dittipidkor lantai 6. Hasil pemeriksaan itu, ia mengakui pernah bertemu dengan SYL di Lapangan Badminton GOR Tangki, Sawah Besar, Jakarta Barat.

Kemudian, penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya kembali melayangkan surat panggilan pemeriksaan tambahan pada Selasa, 7 November 2023. Firli kembali mangkir dengan alasan mengikuti kegiatan roadshow bus antikorupsi di Aceh. Padahal, kegiatan itu digelar pada 9-12 November 2023.

Lalu, penydik menjadwalkan ulang pemeriksaan Firli pada Selasa, 14 November 2023. Pucuk pimpinan KPK itu kembali mangkir dengan alasan memenuhi panggilan pemeriksaan Dewas KPK atas dugaan pelanggaran etik. Padahal, Dewas telah menunda pemeriksaan pada Senin, 20 November 2023. Namun, dia ngotot diperiksa.

Ternyata, alasan itu hanya bohong belaka. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Dewas. "Pak FB [Firli Bahuri] tidak ke Dewas, karena Dewas sendiri lagi rapat dari pagi sampe sore," kata anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris.

Firli sejatinya mengaku akan menyambangi Dewas KPK usai memimpin konferensi pers operasi tangkap tangan (OTT) di Sorong, Papua Barat Daya yang digelar di Gedung Merah Putih KPK. Namun, batang hidung Ketua KPK itu tidak muncul sampai sore.

94