Home Pendidikan Ikuti Kuliah Tamu, Dosen Uhamka Ajak Mahasiswa Kenali Budaya Indonesia

Ikuti Kuliah Tamu, Dosen Uhamka Ajak Mahasiswa Kenali Budaya Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) Emaridial Ulza, berkesempatan untuk mengikuti kuliah tamu di Sofia University, Bulgaria. Kegiatan ini sekaligus mempererat hubungan antara Uhamka dan Sofia University.

Dalam kuliah umum, Ia memaparkan bagaimana kekayaan budaya Indonesia tentang keanekaragaman budaya, tradisi, dan adat istiadat yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari orang Indonesia.

Mulai tarian tradisional hingga seni rupa, mahasiswa Sofia University terlihat antusias dalam acara tersebut. Disamping itu, ia juga menjelaskan dinamika politik di Indonesia, termasuk sistem demokrasi dan pemilihan umum. Ia juga menekankan peran Indonesia dalam politik regional dan global serta isu-isu penting yang tengah berlangsung di dunia.

"Bahasa Indonesia baru saja diakui oleh UNESCO sebagai salah satu dari sepuluh bahasa resmi di dunia. Hal ini menandakan bahasa Indonesia mempunyai peran penting sebagai penghubung ribuan etnik dan menjadi penyatu kebudayaan antar bangsa serta siap untuk mendunia,” tutur dia dalam sebuah keterangan tertulis, Sabtu (25/11).

Pada akhir kuliah tamu tersebut, Emaridial Ulza mengajak mahasiswa Sofia University untuk kuliah di Indonesia. Ia menyebut, Indonesia menawarkan pengalaman pendidikan yang berharga dengan berbagai program studi yang relevan, serta kesempatan untuk merasakan langsung kehidupan dan budaya Indonesia.

“Untuk Muhammadiyah sendiri, kami memiliki 171 universitas yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 di Malaysia, bukan hanya universitas kami memiliki sekolah, rumah sakit, dan panti asuhan,” tutur Ulza.

83