Home Nasional Jokowi Resmikan Berbagai Proyek di Papua, KKB Kembali Berulah

Jokowi Resmikan Berbagai Proyek di Papua, KKB Kembali Berulah

Jakarta, Gatra.com - Dalam kurun beberapa hari, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi dan meresmikan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dan sejumlah fasilitas umum di Papua.

Di antara kunjungan Jokowi pada 22-24 November 2023, adalah menghadiri Puncak Acara Sail Teluk Cenderawasih Tahun 2023 yang digelar di Kawasan Pantai Semau, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Kamis (23/11/). Kemudian Jokowi mengunjungi Kampung Nelayan Modern Samber dan Binyeri di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Pada hari yang sama, kegiatan Presiden selanjutnya adalah melakukan groundbreaking Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Di hari ketiga, Jumat (24/11), Jokowi berkunjung ke Kawasan LNG Teluk Bintuni untuk meresmikan PSN Tangguh Train 3. Pada siang harinya, Jokowi menuju ke Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat untuk melakukan groundbreaking Rumah sakit PKU Muhamadiyah, Unimuda Sorong.

Namun di saat Jokowi berkunjung dan meresmikan sejumlah proyek dan fasilitas umum, di bagian wilayah Papua lain terjadi kekejian yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Tepatnya di Kabupaten Puncak, Papua, pada Jumat (24/11).

Lima pekerja proyek pembangunan fasilitas publik penting untuk rakyat Papua yaitu puskesmas menjadi sasaran kekejian KKB. Tiga orang dinyatakan meninggal dunia, sementara dua orang lainnya luka luka .

Hal itu dikonfirmasi oleh Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno. Dia mengatakan bahwa penyerangan di Distrik Beoga Puncak terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 15.00 WIT. Aparat setempat sempat melakukan evakuasi dan penjemputan terhadap para korban, namun nyawa mereka tak tertolong.

Dari keterangan saksi, korban mengalami luka tembak dan sabetan parang di sejumlah bagian tubuh. Beberapa di antaranya adalah luka tembak di bagian kepala, pelipis, hingga lengan. Baik korban meninggal dan dua orang selamat, dievakuasi menuju Timika untuk penanganan lebih lanjut. Sementara itu TNI-POLRI diketahui melakukan pengejaran dan penyisiran terhadap kelompok KKB Intan Jaya.

169