Home Ekonomi Kembali Cetak SDM Industri Kompeten, APP Jakarta Lepas 413 Wisudawan

Kembali Cetak SDM Industri Kompeten, APP Jakarta Lepas 413 Wisudawan

Jakarta, Gatra.com - Politeknik APP Jakarta kembali mencetak SDM Industri kompeten lewat 413 lulusannya yang diwisuda pada hari ini, Selasa (5/12). Sebanyak 285 lulusan yang dilepas APP Jakarta hari ini, sudah bekerja di industri.

"Capaian ini tentunya menggembirakan dan menjadi bukti kualitas penyelenggaraan pendidikan vokasi Industri di Kementerian Perindustrian," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Industri (BPSDMI), Masrokhan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (5/12).

Ia menyebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyadari betul pentingnya peran SDM dalam mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing sebagai pilar pembangunan. Oleh karena itu, program-program pendidikan dan pelatihan vokasi untuk menghasilkan SDM yang kompeten dan berdaya saing terus diperkuat dan dikembangkan oleh BPSDMI.

"Saya melihat tidak hanya di Politeknik APP Jakarta saja, unit pendidikan vokasi Kementerian Perindustrian lainnya juga telah menunjukkan kualitas pendidikan vokasi yang baik, dengan tingginya serapan lulusan yang seluruhnya melalui sertifikasi kompetensi dari BNSP sejak saat wisuda," jelasnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2023 ini sekolah dan kampus Kemenperin telah meluluskan 5.673 orang. Adapun tingkat serapan ketika wisuda untuk SMK sebesar 87,34% dan untuk Pendidikan Tinggi sebesar 74,04%.

"Saya minta kepada seluruh unit pendidikan dapat mendorong percepatan serapan hingga 100% pada akhir tahun ini," tegasnya.

Ia juga meminta Kepala Satuan KerJa di lingkungan BPSDMI bisa meningkatkan kapasitas pendidikan di setiap SMK dan Politeknik. Di tahun ini, sekolah dan kampus kemenperin mengalami kenaikan penerimaan siswa dan mahasiswa baru sebanyak 10% dari tahun sebelumnya.

Direktur Politeknik APP Jakarta, Amrin Rapi menjelaskan bahwa dari 413 lulusan yang diwisuda hari ini, 388 orang di antara berasal dari program D3. Sedangkan 25 orang lainnya berasal dari program D1.

Berdasarkan program studi, sebanyak 121 lulusan berasal dari Manajemen Logistik Industri Elektronika dengan 30 orang di antaranya meraih predikat Cumlaude. Sedangkan untuk program studi Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, terdapat 139 lulusan dengan 64 orang berpredikat Cumlaude. Selanjutnya, sebanyak 128 lulusan berasal dari program studi Perdagangan Internasional Wilayah ASEAN dan RRT dengan 57 orang berpredikat Cumlaude.

94