Home Olahraga Shin Tae-yong Beri Penjelasan Soal 26 Pemain yang Diboyong ke Piala Asia

Shin Tae-yong Beri Penjelasan Soal 26 Pemain yang Diboyong ke Piala Asia

Antalya, Gatra.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong memberikan penjelasan terkait 26 pemain yang didaftarkan untuk Piala Asia 2023. Shin menyatakan bahwa Arkhan Fikri dan Adam Alis Setyano tetap akan dibawa ke Qatar. Hal ini karena Shin Tae-yong akan mengumumkan 26 nama pemain pada 10 Januari mendatang.

Saat ini skuad Garuda berkekuatan 28 pemain pada pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, sejak 23 Desember 2023. Mereka dimainkan oleh Shin Tae-yong saat uji coba kontra Libya, Selasa (2/1).

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha," kata Shin Tae-yong.

Kendati demikian, peluang Arkhan Fikri dan Adam Alis untuk bermain di Piala Asia 2023 belum sepenuhnya tertutup. Shin Tae-yong menjelaskan, tim peserta masih bisa mengubah daftar pemain enam jam sebelum laga pertama, asalkan pemain tersebut masuk dalam entry by name.

"Jadi kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran. Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga," tambahnya.

Awalnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan.

AFC mengubah aturan tersebut setelah menerima usulan dari para pelatih usai gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim bisa mendaftarkan 26 pemainnya.

Pernyataan itu sesuai yang dijelaskan melalui pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC. Di sana dijelaskan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

36