Home Olahraga Indonesia Berhasil Menang Tipis dari Vietnam

Indonesia Berhasil Menang Tipis dari Vietnam

Jakarta, Gatra.com - Timnas Indonesia berhasil mendulang kemenangan tipis 1-0 atas Vietnam pada laga kedua penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (19/1).

Memulai babak pertama, Indonesia mengambil inisiatif menyerang. Pada menit ke-7 Pratama Arhan mengirimkan umpan pendek ke daerah kotak penalti, sayang sontekan Rafael Struick masih melebar dari gawang Vietnam yang dikawal Filip Nguyen.

Indonesia tampil mendominasi serangan hingga memasuki menit ke-15. Kendati begitu, Vietnam mencoba berbalik menyerang, Tuan Anh Nguyen melakukan percobaan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-20. Namun, sepakannya masih tertahan oleh rapatnya lini belakang Garuda.

Pada menit ke-29, Sandy Walsh membalas melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tapi dengan mudah diamankan Filip Nguyen.

Sandy Walsh kembali memperoleh peluang. Melalui skema tendangan sudut pada menit ke-37, Walsh melepaskan sundulan yang ditepis Filip Nguyen.Menit ke-40, pergerakan Rafael Struick di dalam kotak penalti dilanggar oleh pemain Vietnam.

Asnawi Mangkualam maju sebagai eksekutor penalti dan dengan mudah menempatkan bola ke sisi kanan Filip Nguyen. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Di masa perpanjangan waktu babak pertama, umpan dari Hubner disambut sundulan Struick namun masih melebar di sisi kanan gawang. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Indonesia tetap tak berubah.

Usai turun minum, Vietnam mencoba tampil lebih menyerang. Pada menit ke-47, tembakan dari Thai Son Nguyen masih mampu dihalau Ernando Ari. Serangan Vietnam masih berlanjut.

Pada menit ke-53, Thai Son Nguyen kembali melepaskan tembakan namun masih melebar di sisi kanan gawang. Di menit ke-70, umpan terobosan dari Marselino mengarah ke Hokky Caraka. Hokky yang memperoleh ruang kosong melesatkan tembakan yang masih dapat di blok barisan pertahanan Vietnam.

Indonesia terus mengancaman melalui serangan balik dari kedua lini sayap memanfaatkan umpan direct langsung dari lini tengah.

Pada menit ke-89, Ivar melepaskan tembakan luar kotak penalti yang masih melebar dari gawang Filip Nguyen.Pemain Vietnam Thanh Long Le Pham diganjar kartu kuning kedua pada masa perpanjangan waktu babak kedua usai menekel Marselino yang melakukan pergerakan di sektor kiri.

Walau kalah jumlah pemain, Vietnam mencoba memberikan ancaman melalui pola serangan memanfaatkan umpan-umpan jauh yang mengarah ke daerah sepertiga lapangan Indonesia.

Garuda mendapatkan peluang pada masa perpanjangan waktu, memanfaatkan pergerakan dari Yakob Sayuri yang merengsek dari sektor kanan. Yakob memberi umpan ke Hokky yang mendapat ruang di dalam kotak penalti, tapi sepakan Hokky dengan mudah ditangkap oleh Filip Nguyen. Hingga peluit akhir babak kedua ditiup, Indonesia unggul 1-0 atas Vietnam.

Dengan torehan ini membawa Indonesia menempel ketat Jepang, yang berada di peringkat kedua grup D dengan sama-sama memperoleh tiga poin namun unggul selisih gol. Sementara Vietnam terbenam di posisi juru kunci klasemen.

53