Home Olahraga Persiapan PON, 600 Atlet Pelatda Jateng Jalani Tes Fisik

Persiapan PON, 600 Atlet Pelatda Jateng Jalani Tes Fisik

Semarang, Gatra.com - Sebanyak 600 atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda) Jawa Tengah yang disiapkan berlaga pada PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara menjalani tes fisik. Tes fisik atlet Pelatda yang digelar KONI Jawa Tengah (Jateng) berlangsung di GOR Jatidiri, Semarang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (12-13/2).

Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana mengatakan, pelaksanaan tes fisik atlet Pelatda PON Aceh-Sumut 2024 untuk mengukur kesiapan fisik para atlet cabang olahraga.

“Tes fisik untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat kesiapan para atlet, menjelang pelaksanaan PON pada September mendatang. Hasil yang didapat ini, bisa menjadi catatan dan evaluasi bagi Pengprov Cabor, untuk menyiapkan para atletnya lebih baik lagi,” katanya.

Bila hasil tes fisik atlet kurang baik, lanjut Bona masih ada waktu untuk membenahi kesiapan, guna meningkatkan kemampuan atlet bersangkutan.

“Kami berharap para atlet Pelatda PON Jateng ini mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya, karena tak menutup kemungkinan akan ada pencoretan atlet, bila tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Umum II KONI Jateng, Soedjatmiko menjelaskan, sebanyak 600 atlet Pelatda dari 60 cabang olahraga (cabor) mengikuti tes fisik dan psikologi.

Pelaksanaan dilakukan dua hari, yakni Senin (12/2) diikuti 300 atlet dari 24 cabor dan Selaa (13/2) sebanyak 300 atlet dari 36 cabor.

“Pada hari pertama (Senin) dikhususkan bagi cabor yang atletnya butuh kecepatan dan kegesitan dalam bergerak. Sedangkan tes fisik di hari kedua, untuk cabor yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan dan kegesitan. Selain tes fisik kita juga melakukan tes psikologi,” ujarnya.

87