Home Regional KONI Jateng Usulkan Bonus Rp250 Juta bagi Peraih Emas PON 2024

KONI Jateng Usulkan Bonus Rp250 Juta bagi Peraih Emas PON 2024

Semarang, Gatra.com - KONI Jawa Tengah (Jateng) akan memberikan bonus atlet peraih medali emas pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut senilai Rp250 juta.

Wakil Ketua II KONI Jateng, Soedjatmiko, menyatakan, anggaran dana untuk pemberian bonus atlet peraih medali emas tersebut telah diusulkan kepada gubernur Jateng.

“Kami telah mengusulkan anggaran ke guberur Jateng untuk bonus peraih medali emas PON 2024 senilai Rp250 juta. Semoga disetujui,” katanya kepada wartawan di Semarang, Rabu, (5/6).

BesaRnya nilai bonus bagi atlet Jateng, menurut Soedjatmiko, memang tidak sebanyak provinsi lain, seperti Kalimantan Timur yang akan memberikan bonus antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar.

Tuan rumah PON yakni Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) bahkan akan memberikan bonus kepada para atlet peraih medali emas senilai Rp1 miliar.

“Memang bonus medali emas untuk Jateng tidak sebanyak dibandingkan atas provinsi lain, tapi diharapkan bisa memicu semangat bertanding atlet,” ujarnya.

Nilai bonus Rp250 juta yang diberikan KONI Jateng ini meningkat Rp50juta jika dindingkan dengan bonus peraih medali emas PON 2021 di Papua senilai Rp200 juta.

KONI Jateng pada PON 2024 menargetkan bisa meraih kurang lebih 50 medali emas agar bisa berada di peringkat empat besar.

Target 50 medali emas ini berdasarkan hasil babak kualifikasi PON, yang meraih total merebut 117 medali emas, 117 perak, dan 125 perunggu, bahkan beberapa cabang olahraga meraih juara umum.

“Namun babak kualifikasi PON dilakukan per zona tidak diikuti seluruh provinsi sehingga tak bisa menjadi patokan. Kalau kami ditanya target cukup 45 medali emas hingga 50 medali emas,” ujar Soedjatmiko.

Ketua KONI Jateng, Bona Ventura, menambahkan, pada PON 2024 akan memberangkatkan sebanyak 758 atlet untuk 60 cabang olahraga.

Bona menyebutkan, sebagai ketua kontingen PON Jateng adalah Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Agung Hariyadi

“Kalau tidak ada 'huru-hara' maka Jateng bisa menduduki peringkat empat besar. Namun, mendapat informasi tuan rumah Aceh dan Sumut 'meminta' jatah satu medali emas untuk tiap cabang olahraga,” katanya.

524