Home Ekonomi Go Transit Launching di Solo-Jogja, Permudah Rutinitas Pelaju

Go Transit Launching di Solo-Jogja, Permudah Rutinitas Pelaju

Solo, Gatra.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk meluncurkan fitur baru, GoTransit untuk area Solo dan Yogyakarta. Peluncuran dilakukan di Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (27/4).

Layanan ini mengintegrasikan GoRide dengan commuter line untuk jalur Solo-Yogyakarta. Dengan layanan ini mobilitas masyarakat menjadi semakin mudah, khususnya para pelaju.

Presiden Gojek Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, layanan ini bisa langsung dipesan sekaligus. Mulai dari GoRide menuju stasiun keberangkatan, pemesanan tiket commuter line, hingga pemesanan GoRide dari stasiun kedatangan menuju ke tujuan akhir.

”Ini merupakan layanan multimoda pertama yang ada di dunia. Kami menghubungkan ride hailing dan commuter line dalam satu transaksi. Inovasi ini menjadi komitmen kami untuk mendukung program pemerintah dalam menyediakan layanan transportasi umum yang mudah diakses dan nyaman digunakan,” ujarnya.

Pemilihan Solo sebagai lokasi pengembangan layanan ini karena data internal Gojek, banyak variasi tren perjalanan pengguna commuter line yang memanfaatkan layanan Gojek tiap harinya. Data ini terlihat di hari kerja, layanan Gojek menghubungkan pengguna commuter line dengan area perkantoran, sekolah hingga kampus.

”Tak hanya di hari kerja saja, di akhir pekan, tempat-tempat wisata seperti hotel dan sentra belanja juga mendominasi, seperti halnya di Pasar Gede dan Pasar Klewer,” ujarnya.

Sementara itu, KGPAA Mangkunegara X yang juga menjabat sebagai Komisaris PT KAI mengatakan, selama masa angkutan lebaran 2024 ini, jumlah penumpang commuter line mencapai 36 ribu per hari.

Ia berharap dengan adanya layanan GoTransit ini bisa memobilisasi wisatawan untuk datang ke Solo.

”Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha menjadi faktor penting untuk meningkatkan konektivitas transportasi publik dan mendukung sektor pariwisata, termasuk di kota Solo,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufiq Muhammad menambahkan bahwa potensi ekonomi dan pariwisata di Solo-Jogja sangat besar. Dengan adanya GoTransit ini sangat mendukung terciptanya transportasi publik yang terintegrasi.

”Sehingga dapat mendorong sektor ekonomi kreatif daerah melalui kemudahan akses yang dihasilkan. Akses yang mudah menjadi modal awal yang penting untuk perputaran ekonomi,” tandasnya.

125