Home Internasional Peringatan Gelombang Panas Ekstrem di Asia: Sejumlah Sekolah-sekolah Tutup

Peringatan Gelombang Panas Ekstrem di Asia: Sejumlah Sekolah-sekolah Tutup

Manila, Gatra.com - Asia Selatan dan Tenggara bersiap menghadapi panas yang lebih ekstrem, ketika pihak berwenang di seluruh kawasan mengeluarkan peringatan kesehatan dan penduduk mengungsi ke taman dan mal ber-AC untuk mencari bantuan, pada Minggu (28/4).

AFP, Minggu (28/4) melaporkan, gelombang cuaca yang sangat panas telah melanda wilayah tersebut selama seminggu terakhir, dan menyebabkan suhu mencapai 45 derajat Celcius. Memaksa ribuan sekolah meminta siswanya untuk tinggal di rumah.

Filipina mengumumkan pada hari Minggu penangguhan kelas tatap muka di semua sekolah negeri selama dua hari, setelah hari panas yang memecahkan rekor di ibu kota Manila.

Di Thailand, di mana setidaknya 30 orang tewas akibat sengatan panas sepanjang tahun ini. Departemen meteorologi memperingatkan adanya "kondisi buruk" setelah suhu di provinsi utara melebihi 44,1 derajat Celcius pada hari Sabtu.

Di Kamboja, Myanmar, Vietnam, India dan Bangladesh, ramalan cuaca memperingatkan bahwa suhu bisa melebihi 40 derajat Celcius dalam beberapa hari mendatang karena masyarakat harus menanggung panas yang menyengat dan kelembapan yang menyesakkan.


“Saya tidak berani keluar pada siang hari. Saya khawatir kita akan terkena sengatan panas,” kata seorang kasir berusia 39 tahun di Yangon, Myanmar, yang bernama San Yin.

Dia mengatakan bahwa dia pergi ke taman bersama suami dan putranya yang berusia empat tahun pada malam hari, untuk menghindari panasnya apartemen mereka di lantai empat.

“Ini adalah satu-satunya tempat yang bisa kami tinggali untuk menghindari panas di lingkungan kami,” katanya.

Suhu global mencapai rekor tertinggi tahun lalu, dan badan cuaca dan iklim PBB pada hari Selasa mengatakan bahwa Asia mengalami pemanasan dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Penelitian ilmiah yang ekstensif menemukan bahwa perubahan iklim menyebabkan gelombang panas menjadi lebih lama, lebih sering, dan lebih intens.

Tidak ada bantuan

Menurut pemantau cuaca pekan lalu, Myanmar mencatat suhu 3 hingga 4 derajat Celcius lebih tinggi dibandingkan rata-rata bulan April.

Dan pada hari Minggu, ramalan cuaca nasional memperkirakan suhu di pusat kota Mandalay bisa meningkat hingga 43 derajat Celcius.

Kementerian Air dan Meteorologi di Kamboja memperingatkan bahwa suhu juga bisa mencapai 43 derajat Celcius di beberapa wilayah negara itu dalam seminggu ke depan, sementara Kementerian Kesehatan menyarankan masyarakat untuk memantau kesehatan mereka "selama cuaca panas terkait perubahan iklim".

Suhu di Vietnam juga diperkirakan akan tetap tinggi selama lima hari libur nasional, dengan perkiraan suhu mencapai 41 derajat Celcius di wilayah utara.

Ramalan cuaca di sana mengatakan cuaca akan tetap sangat panas hingga akhir April, dan kondisi lebih dingin diperkirakan terjadi pada bulan Mei.

Departemen cuaca India mengatakan pada hari Sabtu bahwa kondisi gelombang panas yang parah akan terus berlanjut hingga akhir pekan di beberapa negara bagian, dengan suhu melonjak hingga 44 derajat Celcius di beberapa lokasi.

“Saya belum pernah mengalami suhu panas seperti ini sebelumnya,” kata Ananth Nadiger, seorang profesional periklanan berusia 37 tahun, kepada AFP dari Bengaluru.

"Ini sangat tidak menyenangkan dan menguras energimu," katanya.

Negara demokrasi terbesar di dunia ini sedang mengadakan pemilihan umum selama enam minggu, yang menyaksikan jutaan pemilih mengantri dalam suhu yang sangat panas pada hari Jumat.

Komisi pemilu India mengatakan pihaknya telah membentuk satuan tugas untuk meninjau dampak gelombang panas dan kelembapan sebelum setiap putaran pemungutan suara .

Dan di Bangladesh, jutaan siswa kembali ke sekolah yang telah ditutup karena suhu ekstrem, meskipun biro cuaca pada hari Minggu mengatakan bahwa gelombang panas akan terus berlanjut setidaknya selama tiga hari ke depan.

"Saya pergi ke sekolah bersama putri saya yang berusia 13 tahun. Dia senang sekolahnya dibuka. Tapi saya tegang," kata Lucky Begum, yang putrinya bersekolah di sekolah negeri di Dhaka.

“Panasnya terlalu menyengat,” katanya kepada AFP. 

“Dia sudah mengalami ruam panas karena berkeringat. Saya harap dia tidak sakit,” tambahnya.

Penutupan Sekolah

Penangguhan kelas tatap muka di Filipina terjadi setelah Manila mengalami suhu tertinggi yang pernah tercatat, dan pengemudi jeepney juga merencanakan pemogokan nasional pada hari Senin dan Selasa.

Menurut data dari ramalan cuaca negara bagian, suhu di ibu kota mencapai rekor 38,8 derajat Celcius pada hari Sabtu, dengan indeks panas mencapai 45 derajat Celcius.

Indeks panas mengukur seperti apa suatu suhu, dengan mempertimbangkan kelembapan.

Banyak sekolah di Filipina tidak memiliki AC, sehingga siswa harus kepanasan di ruang kelas yang padat dan berventilasi buruk.

Cuaca panas terus berlanjut pada hari Minggu, sehingga banyak orang berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan ber-AC dan kolam renang untuk mencari bantuan.

“Ini adalah suhu terpanas yang pernah saya alami di sini,” kata Nancy Bautista, 65 tahun, yang resor di provinsi Cavite dekat Manila sudah penuh dipesan.

"Banyak tamu kami adalah teman dan keluarga. Mereka berenang di kolam untuk melawan panas," katanya.

Maret, April, dan Mei biasanya merupakan bulan-bulan terpanas dan terkering sepanjang tahun di kawasan ini, namun kondisi tahun ini diperburuk oleh fenomena cuaca El Nino.

“Semua tempat di negara ini, tidak hanya Metro Manila, diperkirakan akan mengalami suhu lebih panas hingga minggu kedua bulan Mei,” kata Glaiza Escullar dari lembaga ramalan cuaca negara bagian tersebut kepada AFP.

Kota Camiling di provinsi Tarlac, utara Manila, mencatat suhu 40,3 derajat Celcius pada hari Sabtu – tertinggi di Filipina tahun ini.

Ketika suhu meningkat, Gerise Reyes, 31 tahun, berencana membawa putrinya yang berusia dua tahun ke pusat perbelanjaan dekat Manila.

"Panas di sini, di rumah. Ini terpanas yang pernah saya alami, terutama antara pukul 10.00 hingga 16.00," katanya.

“Kami membutuhkan AC gratis untuk memotong tagihan listrik kami,” katanya.

146