Home Kebencanaan Banjir Bandang Sumbar, BAZNAS Kerahkan Mobil Dapur Umum & Klinik

Banjir Bandang Sumbar, BAZNAS Kerahkan Mobil Dapur Umum & Klinik

Jakarta, Gatra.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mendatangkan mobil dapur umum dan mobil klinik untuk melayani korban banjir bandang di sjumlah daerah di Sumatera Barat.

Wakil Ketua BAZNAS RI H. Mokhamad Mahdum, mengatakan Mobil Dapur Umum merupakan inovasi BAZNAS untuk melayani kebutuhan makanan segar bagi korban dan penyintas banjir bandang Sumbar.

"Mobil ini didesain khusus dapat bergerak dan berpindah-pindah ke lokasi bencana, terutama yang sulit terjangkau dalam melayani Mustahik," kata Mahdum dalam keterangannya, Senin (20/5/).

Selain Mobil Dapur Umum, Mahdum menambahkan, BAZNAS juga menghadirkan mobil klinik. Kehadiran mobil ini untuk memberikan layanan kesehatan terbaik kepada para Mustahik di lokasi pengungsian yang sukit terjangkau, seperti banjir bandang yang melanda Sumatera Barat.

"Jadi mereka tidak harus datang ke BAZNAS. Tetapi BAZNAS yang langsung mendatangi dan memberikan pelayanan kesehatan untuk para Mustahik khususnya di daerah pengungsian," jelasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengatakan bahwa Mobil Klinik dihadirkan untuk melayani konsultasi dan layanan kesehatan."Mustahik dapat melakukan pemeriksaan mulai cek darah, tensi, infus dan seterusnya itu ada di Mobil Klinik BAZNAS," ucapnya.

Sementara itu, Deputi II BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Imdadun Rahmat menjelaskan Mobil Klinik tidak hanya diperuntukan di satu lokasi saja, namun dapat berpindah sesuai dengan kebutuhan dan tempat Mustahik berada.

"Mobil Klinik ini tidak satu tempat, bisa berpindah-pindah sehingga bagi para pengungsi ataupun Mustahik yang tidak memungkinkan datang ke BAZNAS, BAZNAS bisa datangi satu persatu," imbuhnya.

Imdadun kemudian menjelaskan tentang tujuan dihadirkannya Mobil Klinik ini yang tak lain adalah untuk memudahkan Mustahik dalam mendapatkan hak-haknya. Terutama kepada para Mustahik di daerah pengungsian.

"Kehadiran inovasi ini tentunya untuk memudahkan Mustahik dalam mendapatkan pelayanan lebihh cepat dan mudah. BAZNAS juga terus berupaya memberikan layanan-layanan terbaik bagi para korban terdampak," pungkasnya.

BAZNAS RI telah melakukan beberapa kegiatan dalam membantu banjir bandang Sumbar dengan mendirikan dapur umum yang menyediakan lebih dari 1.400 porsi makanan setiap harinya di beberapa wilayah yaitu Sungai Pua, Kampung Kubu Tengah, Nagari Koto Baru, Koto Tuo.

Selain mendirikan dapur umum, BAZNAS RI telah melakukan pencarian korban banjir bandang di Sungai Pua serta mendirikan dapur air di Kp. Kubu Tengah, Jorong Galuan, Desa Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam untuk memastikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat. Tim BAZNAS juga telah menyalurkan selimut, sembako, pembuatan jembatan darurat, dan bantuan lainnya.

14