Home Politik Bersiap Hadapi Pilkada, PKS Solo Akan Safari Politik ke Partai Lain

Bersiap Hadapi Pilkada, PKS Solo Akan Safari Politik ke Partai Lain

Solo, Gatra.com - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berencana untuk melakukan safari politik ke beberapa partai. Safari ini sebagai persiapan dan penjajakan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo.

Saat ini DPD PKS sudah melakukan proses penjaringan internal dan menyerap aspirasi dari para kader. Ada 14 nama yang berasal dari dalam internal partai dan di luar kader partai.

Tujuh nama dari internal partai yakni Ketua Bidang Politik DPD PKS Solo Abdul Kadir Audah, Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Solo Sugeng Riyanto, Ketua DPD PKS Daryono, Perwakilan Tokoh Muda PKS Syaifulhaq Mayyazi, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PKS Didik Hermawan, Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Tengah Abdul Ghofar Ismail serta Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Solo Asih Sunjoto Putro.

Sementara dari luar partai, ada nama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, KGPAA Mangkunegara X, Ketua DPD Partai Golkar Solo Sekar Tandjung, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mashuri, Ketua Majelis Tafsir Al Qur'an (MTA) Nur Khalid Syaifullah, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anif serta Pengacara M. Taufiq.

"Nama-nama ini yang muncul dalam penjaringan kami. Ada yang dari kader internal, ada pula dari tokoh-tokoh eksternal,” kata Ketua DPD PKS Daryono dalam jumpa pers di Kantor DPD PKS Solo, Senin (27/5).

Pasca penjaringan ini, DPD PKS berencana untuk melakukan safari politik ke beberapa partai. Terutama partai-partai yang nama kadernya muncul dalam penjaringan.

"Insyaallah akan kita mulai besok untuk safari politiknya. Kita sudah mulai mengirimkan surat ke partai politik yang bersangkutan. Kita utamakan ke partai-partai yang namanya muncul dalam penjaringan kami,” katanya.

Ada dua partai yang nama kadernya muncul dari penjaringan PKS ini. Yakni Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain itu ada nama Sekar Tandjung yang merupakan Ketua DPD Partai Golkar Solo.

"Kalau dari PDIP kita sudah dapat waktu. Untuk Partai Golkar kita baru bersurat,” katanya.

Selain kedua partai ini, PKS juga akan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh lain yang namanya muncul dalam penjaringan. Termasuk dengan KGPAA Mangkunegara X yang namanya muncul sebagai kandidat yang berpotensi diusung oleh partai ini.

"Termasuk dengan Gusti Bhre (nama kecil KGPAA Mangkunegara X). Kita akan silaturahmi dengan beliau, baru kemudian konfirm ke partai-partai yang mengusung beliau,” katanya.

32