Home Politik PKS Jakarta Usulkan Anies Baswedan Maju Pilgub, Mardani Ali Digadang Jadi Wakil

PKS Jakarta Usulkan Anies Baswedan Maju Pilgub, Mardani Ali Digadang Jadi Wakil

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) mengungkapkan bahwa DPW PKS Jakarta telah mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada 2024.

"DPW Jakarta mengusulkan Anies Baswedan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan masih akan dibahas lagi," ungkapnya di Jakarta, Selasa (29/5).

HNW menegaskan bahwa koalisi Partai NasDem, PKS, dan PKB memiliki potensi untuk mengusulkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur. Dia menjelaskan bahwa pertimbangan pencalonan kembali Anies sebagai cagub, bukan hanya usulan dari PKS tetapi juga datang dari ketiga partai tersebut.

Syarat untuk mendukung satu pasangan calon minimal memiliki 22 kursi di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Jakarta. Saat ini, PKS memiliki 18 kursi, PKB memiliki 10 kursi, dan NasDem memiliki 11 kursi.

Di sisi lain, HNW meyinggung bahwa PKS sebagai partai pemenang di Jakarta yang mendapat dukungan mayoritas masyarakat Jakarta, maka kader PKS layak dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil gubernur.

HNW menyebutkan bahwa salah satu kader yang dipertimbangkan PKS sebagai cawagub adalah Mardani Ali Sera, yang pernah menjadi ketua tim pemenangan Anies pada Pilkada tahun 2017. Saat ini, Mardani terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dapil Jakarta Timur periode 2024-2029 dengan suara terbanyak.

"Tapi yang lain juga sangat mungkin, ada kader-kader dari Jakarta yang memang adalah tokoh di Jakarta. Semuanya masih terbuka," tambahnya.

255