Home Politik Irjen Pol Ahmad Luthfi Kriteria Ideal Cagub Jateng Versi Partai Demokrat

Irjen Pol Ahmad Luthfi Kriteria Ideal Cagub Jateng Versi Partai Demokrat

Karanganyar, Gatra.com - Nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi masuk bursa calon Gubernur Jateng versi Partai Demokrat. Ia potensial diusung gabungan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Ketua DPD Partai Demokrat Jateng Rinto Subekti mengatakan kemunculan Irjen Pol Ahmad Luthfi di bursa calon gubernur Jawa Tengah bisa memberi angin segar kepada KIM seperti pada Pilpres dalam memenangkan pasangan capres cawapres Prabowo-Gibran, sehingga berlanjut di pilgub Jateng 2024.

KIM di Pilgub Jawa Tengah sedang ditarik komitmennya memenangkan calon yang diusung. Partai Demokrat tak mau sendiri, terlebih parpol itu membutuhkan koalisi parpol pemenang pemilu. Rinto menyebut sejumlah parpol yang potensial berkoalisi dengan Demokrat seperti Partai Gerindra, Golkar, PSI dan PAN. Jumlah kursi multi parpol ini di DPRD Jawa Tengah cukup mengusung pasangan calon gubernur wakil gubernur Jawa Tengah.

"Partai Demokrat berharap KIM akan berlanjut seiring pemilihan gubernur," katanya, Ahad (2/6).

Ia berharap sosok Irjen Pol Ahmad Luthfi yang merupakan kalangan non parpol namun masuk bursa calon gubernur, diusung KIM untuk nyalon di Pilgub Jateng. Secara pribadi, ia menilai Irjen Pol Ahmad Luthfi berhasil menjaga stabilitas keamanan Jawa Tengah. Itu merupakan kriteria pemimpim yang pantas.

Setelah masuk bursa cagub Jateng, ia berharap Irjen Pol Ahmad Luthfi menyambut ajakan KIM untuk mengusung dirinya. "Harapannya dari Pak Luthfi ada kesinambungan," katanya.

Sementara itu Partai Demokrat dengan Partai Gerindra ternyata sudah menjalin komunikasi politik. Sudaryono yang merupakan Ketua Partai Geindra Jawa Tengah dinilai pantas bersanding dengan Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam pencalonan gubernur wakil gubernur Jawa Tengah. "Kami siap jika KIM mengajak berembuk. Termasuk jika menghendaki calon wakil gubernurnya dari partai Demokrat," katanya.

Partai Drmokrat Jateng berencana membuka penjaringan calon gubernur wakil gubernur pada Juni akhir.

5320