Home Liputan Haji Isak Tangis Iringi Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Isak Tangis Iringi Keberangkatan Jemaah Calon Haji

Blora, Gatra.com - Suasana haru mengiringi keberangkatan ratusan jemaah calon haji asal Blora, Jawa Tengah, Senin (3/6). Isak tangis keluarga tak terbendung saat melepas sanak saudara mereka berangkat ke Tanah Suci.

Pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Blora tahun 2024 dilakukan oleh Bupati Arief Rohman di depan pendopo rumah dinasnya. Tampak ratusan pengantar berdiri berjajar sambil melambaikan tangan begitu bus yang mengangkut rombongan jemaah calon haji keluar dari rumah dinas Bupati. Sejumlah pengantar pun tak kuasa menaha haru sampai menitikan air mata.

"Mengantar ayah ibu, mas. Terharu, senang. Selamat jalan, lancar, dan semoga menjadi haji mabrur dan mabrurah," kata Esti sambil mengusap air matanya.

Bupati Blora, Arief Rohman, bersyukur karena kuota pemberangkatan haji sudah berangsur normal seperti sebelum pandemi. Pihaknya berharap seluruh jemaah calon haji yang berangkat bisa menjalankan ibadah dengan lancar.

“Selamat jalan para tamu Allah SWT. Semoga jenengan semua dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar, semuanya sehat. Sehat berangkat, sehat saat ibadah, dan sehat saat kembali ke Tanah Air. Menjadi pribadi yang lebih baik, dengan predikat haji mabrur, amin,” ucap Bupati.

“Kami titip doa, agar saat berhaji bisa ikut mendoakan Blora. Semoga Blora ke depannya bisa lebih baik lagi, semakin maju, guyub rukun. Menjadi Kabupaten yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Semoga warga yang belum berkesempatan haji juga bisa segera menyusul tindak haji,” lanjutnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kantor Kemenag Blora, Mustakim, mengatakan, jumlah calon jemaah haji reguler Kabupaten Blora pada tahun 2024 ini sebanyak 640 orang, ditambah 5 orang Petugas Haji Daerah (PHD). Dari jumlah itu, yang berangkat tanggal 3 Juni 2024 sejumlah 635 orang plus 5 PHD.

“Dari 640 peserta jemaah calon haji reguler itu, ada 2 orang yang sudah berangkat duluan bergabung dengan kloter 8 Kebumen pada tanggal 12 Mei 2024. Kemudian, ada 2 orang juga yang berangkat dengan kloter 11 Wonosobo pada 14 Mei 2024. Sisanya seharusnya 636, namun yang berangkat hari ini [3 Juni 2024] hanya 635 karena ada satu yang ditunda keberangkatannya karena sakit. Sehingga total jemaah calon haji reguler yang berangkat 639,” ucapnya.

Dari jamaah calon haji yang ada, terdapat calon haji tertua, yakni atas nama Matraji Sumadi (85), dan jemaah calon haji termuda adalah Enggar Kusuma Wardani, yang berusia 20 tahun.

21