Home Politik Pengusaha Mebel Bertemu Jokowi, Sampaikan Dukungan untuk Kapolda di Pilgub Jateng

Pengusaha Mebel Bertemu Jokowi, Sampaikan Dukungan untuk Kapolda di Pilgub Jateng

Solo, Gatra.com - Para pengusaha yang tergabung dalam Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) memberikan dukungan pada Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Jateng). Arah dukungan ini disampaikan Ketua Umum Sekabel, Setyo Wisnu Broto, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Solo, Minggu (16/6).

Setyo menjelaskan bahwa dalam Pilkada Jawa Tengah Sekabel sudah memutuskan untuk mendukung adalah Ahmad Luthfi. ”Dalam kontestasi Pilkada yang akan datang, relawan Sekabel sudah menyatakan untuk Jawa Tengah support pada Bang Luthfi maju sebagai Gubernur Jateng,” jelasnya.

Lebih lanjut Seyto menjelaskan bahwa pembicaraan mengenai dukungan untuk Pilgub Jateng ini sudah dilakukan dengan Jokowi pada momen Idulfitri tahun 2024 yang lalu. Keduanya berbincang saat Setyo bersilaturahmi ke Jokowi di Istana Negara.

Bahkan saat itu Jokowi memberikan arahan khusus terhadap relawan Sekabel. ”Beliau sudah menyampaikan saat di Istana Negara. Tapi saat itu Pak Jokowi menyampaikannya melihat elektabilitas dulu,” ujarnya.

Setyo menceritakan bahwa dalam arahan tersebut Jokowi menyatakan harus melihat hasil survei. Jika elektabilitasnya bagus, maka dukungan akan diberikan. ”Kalau melihat hasil survei ini cukup bagus, makanya kami ada keyakinan beliau (Jokowi) akan mendukung,” ujarnya.

Sementara Setyo melihat bahwa Ahmad Luthfi sebagai sosok yang tak lepas dari sifat pekerja keras. Ia menilai, Luthfi memiliki kinerja yang bagus di kepolisian. ”Pertimbangan lainnya, selain hasil survei, Jateng butuh figur baru. Jateng akan butuh orang yang strong (kuat), punya kepedulian kepada masyarakat Jateng dan juga pekerja keras,” ujarnya.

Selain Pilgub Jateng, dalam pertemuan tersebut keduanya juga membicarakan soal transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Prabowo dan mundurnya pimpinan Badan Otorita IKN.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Setyo Wisnu di The Park Mall disebutnya berlangsung secara tidak sengaja. Saat itu, Presiden Jokowi bersama kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, bermain di salah satu pusat perbelanjaan di Solo.

74