Home Nasional Suplai Air Bersih TC NPC Aman, Dibangun Jaringan Pipa 6,4 KM

Suplai Air Bersih TC NPC Aman, Dibangun Jaringan Pipa 6,4 KM

Karanganyar, Gatra.com - Pembangunan jaringan penyalur air bersih ke Training Camp National Paralympic Commitee (TC NPC) di Delingan, Karanganyar, Jateng ditarget selesai dua bulan. PUDAM Tirta Lawu menyiapkan dana hingga Rp3,32 miliar dalam pembiayaan proyek penunjang operasional TC NPC.

Dirut PUDAM Tirta Lawu Prihanto mengatakan jaringan perpipaan menuju lokasi TC NPC merupakan sambungan khusus tanpa diparalel ke pelanggan rumah tangga.

"Soalnya, kebutuhan di TC NPC itu 20 liter per detik. Sehari butuh 350 meter kubik atau setara 1.323 sambungan rumah tangga. Kalau jaringannya juga diparalel ke rumah tangga, bisa terjadi loss," kata Prihanto.

Air dialirkan dari sumber Ngumpeng Karangpandan langsung ke lokasi. Pipanya lurus ditanam di dalam tanah supaya menghindari turbulensi. Ia menjamin jaringan awet dengan jenis pipa HDPE 4 inchi dengan tekanan 25.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan jaringan bermodal Rp3,320 miliar. Adapun pajak air dikenakan Rp66,15 juta per bulan.

"Ini proyek strategis nasional. Harus dikerjakan sarana pendukungnya," katanya.

Dalam membangun jaringan berspesifikasi seperti itu, biasanya dikerjakan 90 hari kerja. Namun ia hanya diberi waktu dua bulan saja untuk menyelesaikannya.

"Nanti kita kebut. Mulai per 1 Juli. Pipa siap. Tinggal menunggu pihak NPC untuk menjalin komitmen kerjasama," katanya.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pembangunan TC NPC di Delingan beberapa waktu lalu mengatakan proyek strategis nasional itu di atas lahan berukuran 8.000 meter persegi dengan anggaran Rp409 miliar. Di kompleks itu berdiri dua lokal asrama berlantai 5 dengan kapasitas 188 kamar. Ada lapangan sepakbola, lintasan atletic 400 meter, 8 lintasan lari 100 meter, lintasan lompat jauh, dan tolak peluru.

Orang nomer satu di Indonesia itu menuturkan, pembangunan ini diharapkan mampu memotivasi para atlet untuk meningkatkan prestasi yang dicetak di berbagai jenjang turnamen.

Disisi lain, Ketua NPC Indonesia Sunny Marbun mengatakan, fasilitas training center ini memang sudah dinanti lama oleh para atlet. Training Center ini, bisa meningkatkan prestasi para atlet, mengingat sebelum adanya training center, para atlet sudah mampu menorehkan prestasi yang membagakan bagi Indonesia.

"Pembangunan ini yang kita harapkan, agar kita prestasi semakin memuncak keatas. Karena kemarin, tanpa gedung ini pun prestasi kita sudah bagus. kalau ada gedung ini prestasi kita lebih bagus," katanya saat itu.

153