Home Hukum Polri Libatkan BSSN Terkait Serangan Ransomware PDN Kemenkominfo

Polri Libatkan BSSN Terkait Serangan Ransomware PDN Kemenkominfo

Jakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan, saat ini pihaknya tengah bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), terkait gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

"Kita sedang mengumpulkan informasi. Sedang kita dalami. Bekerja sama dengan BSSN apakah kendala teknis atau ada hal lain," kata Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6).

Sebelumnya, Sigit juga menegaskan, jika ditemukan tindak pidana dalam peristiwa yang terjadi pada Kamis 20 Juni 2024 itu, maka kepolisian akan memprosesnya.

"Nanti apabila ditemukan maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian. Ini sudah biasa kita melaksanakan joint dengan temen temen yang membidangi siber," kata Sigit, Sabtu (22/6).

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) mengumumkan bahwa Server PDN mengalami gangguan.

Akibatnya, layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis seperti kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan mengalami kendala.

"Meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan," tulis akun Instagram resmi @ditjen_imigrasi, Kamis (20/6).

"Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya," sambungnya.

82