Home Hukum Empat Jendral Polri Mengikuti Seleksi Capim KPK

Empat Jendral Polri Mengikuti Seleksi Capim KPK

Jakarta, Gatra.com - Polri turut mengirimkan rekomendasi personel Polri untuk mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Sebanyak empat perwira tinggi (pati) Polri dikirim untuk mengikuti seleksi itu.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut empat pati yang diusulkan tentu telah melalui asesmen lebih dulu.

Dia juga memastikan pati yang dikirimkan merupakan personel yang kompeten dan memiliki rekam jejak yang baik dalam pemberantasan korupsi.

"Polri memberikan beberapa nama untuk dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat," kata Trunoyudo kepada wartawan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/).

Trunoyudo merinci empat pati yang akan mengikuti seleksi tersebut diantaranya Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Setyo Budiyanton, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak.

Kemudian Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Purwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Irjen Didik Agung Widjanarko.

"Kami sampaikan bahwasannya keempat personil tersebut adalah merupakan personil yang terbaik dimana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," pungkas Trunoyudo.

Sebagai informasi, Pendaftaran Calon Pimpinan dan Calon Dewan pengawas (Dewas) KPK ditutup pada 15 Juli. Total pendaftar yakni 525 orang, di antaranya 318 pendaftar Capim dan 207 daftar Calon Dewas KPK.

Proses selanjutnya, Pansel akan melakukan verifikasi dokumen dan hasilnya akan diumumkan pada 24 Juli mendatang. Pengumuman akan disampaikan melalui aplikasi dan laman KPK hingga Setneg.

Usai verifikasi diumumkan, Pansel KPK akan meminta masukan dari masyarakat terkait pendaftar yang lolos. Masukan akan dibuka 24 Juli hingga 24 Agustus.

31