Home Nasional Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan Mundur dari Jabatannya Imbas PDNS Diretas

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan Mundur dari Jabatannya Imbas PDNS Diretas

Jakarta, Gatra.com - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika), Semuel Abrijadi Pangerapan, menyatakan mundur dari jabatannya setelah delapan tahun menjabat.

Hal ini disampaikannya dalam sebuah konferensi pers yang digelar di Kantor Kominfo RI pada Kamis (4/7) pagi ini.

“Tidak terasa hampir delapan tahun yang lalu saya bertemu dengan teman-teman pada saat dilantik. Saya masih ingat dengan headlinenya waktu itu. Karena semua ada waktunya, inilah waktu saya untuk berpisah. Jadi, saya menyatakan bahwa per tanggal 1 juli, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya,” ujarnya.

Pengunduran dirinya, lanjut dia, dilakukan secara lisan dan juga surat pengunduran dirinya sudah diserahkan kemarin kepada Menteri Kominfo.

“Saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” kata pria yang yang akrab disapa Semmy tersebut.

Semmy mengatakan alasan pengunduran dirinya berkaitan dengan adanya serangan ransomware yang menyerang Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya yang belum lama ini terjadi.

“Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya juga menyatakan harusnya selesai di saya karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utama,” kata dia.

Walaupun Semmy telah mundur dari jabatannya, dia mengatakan akan tetap fokus pada informasi digital Indonesia.

“Pastinya saya akan fokus kepada informasi digital Indonesia. ‘Kan membangun Indonesia bukan hanya dari Pemerintah, ‘kan dulu juga saya dari swasta. Jadi, saya baliklah ke asal saya,” tutupnya.

34