Home Ekonomi Tokopedia Coffee Fest Dongkrak Penjualan UMKM Kopi hingga 50%

Tokopedia Coffee Fest Dongkrak Penjualan UMKM Kopi hingga 50%

Tangerang Selatan, Gatra.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton pada 2023. Sumatra Selatan, Lampung, Aceh, Sumatra Utara hingga Jawa Timur menjadi beberapa provinsi dengan perkebunan kopi terluas di Indonesia.

Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, Tokopedia dan Shop Tokopedia terus memberikan ruang bagi pelaku usaha kopi untuk dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam menikmati kopi Indonesia.

“Melihat potensi pasar di dalam negeri yang masih sangat besar, Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk penjual kopi, gencar memacu industri pengolahan kopi agar bisa lebih berdaya saing lewat berbagai inisiatif, salah satunya melalui Tokopedia Coffee Fest,” ujar Aditia di acara Media Briefing Tokopedia Coffee Fest 2024 di Dua Coffee, Tangerang Selatan, Jumat (5/7).

Baca juga: Kisah Tanduria, UMKM Malang Omset Rp75 Juta Per Bulan

Lebih lanjut, Aditia menjelaskan, Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi dengan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) dan Pemerintah Kabupaten Lahat menghadirkan program 'Pelatihan Pascapanen dan Peningkatan Mutu Biji Kopi' bagi sekitar 1.000 petani lokal kopi di Kabupaten Lahat.

“Kampanye Tokopedia Coffee Fest bisa mendongkrak penjualan para pelaku UMKM kopi hingga 50%, dibandingkan dengan periode sebelum para penjual mengikuti kampanye tersebut,” ujar Aditia.

Di sisi lain, Tokopedia mencatat kopi bubuk, air mineral, teh celup, jus dan sirup merupakan beberapa produk terlaris di subkategori Minuman selama kuartal II 2024.

Baca juga: Omzet Tembus Rp2 Miliar, Ini Kisah Andoni Owner Sarang Maduku

Beberapa daerah pun mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi di Tokopedia selama kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, yaitu Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku.

Tidak hanya lewat Tokopedia Coffee Fest, produk kopi juga laris manis di kampanye Beli Lokal yang bisa ditemukan di Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok.

“Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung." tuturnya.

Sedangkan di ShopTokopedia berkat kampanye Beli Lokal, kopi, keripik, coklat dan snack coklat, kue dan hotpot instan adalah produk-produk yang paling diburu masyarakat pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia. 

242