Home Regional Usai Bertemu PKS, Diah Warih Jajaki Pertemuan dengan PAN Solo

Usai Bertemu PKS, Diah Warih Jajaki Pertemuan dengan PAN Solo

Solo, Gatra.com - Salah seorang bakal calon wali kota (bacawali) Diah Warih Anjari bersilaturahmi ke Kantor DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Solo. Ia mengungkapkan jika pertemuan ini untuk membuka peluang adanya poros ketiga dalam Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo.

Sebelumnya, Diah Warih telah bersilaturahmi dengan DPD PKS Kota Solo. Pertemuan tersebut berlangsung pada Senin (8/7) malam.

Dalam pertemuan ini, Diah Warih mengungkapkan dirinya berambisi untuk menjadi calon wali kota Solo. Mengingat saat ini belum pernah ada nama perempuan yang memimpin Kota Solo. Hal ini yang menjadikannya ingin untuk meraih jabatan tersebut.

”Saya terpanggil menjadi perempuan pertama yang bisa masuk dan memimpin Kota Solo. Apalagi selama 78 tahun ini belum pernah ada nama perempuan yang memimpin,” katanya usai pertemuan di Kantor DPD PAN Kota Solo.

Diah Warih mengakui jika pertemuannya tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan koneksi dan daya tawar. Salah satunya dengan mengambil formulir dari PAN. Bahkan mengaku menjalin koneksi dengan pengurus partai di tingkat pusat.

”Kami ke sini untuk menguatkan komunikasi politik, kami juga membantu DPD PAN Solo untuk menguatkan komuikasi, baik dengan pusat maupun dengan partai pendukung dan pengusung lainnya,” katanya.

Pekan lalu, Diah Warih juga telah bersilaturahmi ke PKS. Saat ini PAN Kota Solo mendapatkan tujuh kursi, sementara PKS Kota Solo memiliki tujuh kursi. Dengan menggandeng PAN dan PKS, Diah Warih membuka peluang untuk poros ketiga. Mengingat untuk mencalonkan dalam Pilkada Kota Solo, syarat minimalnya harus memiliki sembilan kursi.

Di sisi lain, dia pernah mengambil formulir di Partai Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hingga saat ini kedua partai tersebut solid, namun sayangnya belum ada nama yang muncul secara pasti.

”Soal poros baru, poros ketiga, poros tengah atau apapun namanya, silakan diartikan sendiri. Bagi saya, Pilkada ini membka peluang lebih dari dua pasangan. Saya siap lahir batin untuk ini dan siap menjadi fasilitator komunikasi antara pusat dan daerah. Kami juga sudah menjajaki komunikasi dengan partai-partai lainnya,” katanya.

Terkait pertemuan dengan Diah Warih ini sendiri, Ketua DPD PAN Kota Solo Achmad Sapari mengatakan bahwa pihaknya yang menyodorkan formulir pendaftaran pada Diah Warih. Saat ini PAN Solo terbuka dengan semua pihak yang ingin mendaftar. Namun untuk nama yang diusung, nantinya akan diserahkan ke pusat.

”Kami terbuka, siapapun boleh mendaftar. Tinggal siapa yang nantinya ditunjuk DPP, kami akan mendukung seratus persen. Soal poros ketiga, selama ada peluang ke sana, ya monggo silakan, kami terbuka. Tiga pasang juga boleh, tinggal siapa calonnya, kita hanya pengusung,” tandasnya.

59