Home Hukum Polri: Bandar Narkoba Fredy Pratama Ubah Pola Pengedaran Narkoba di Indonesia

Polri: Bandar Narkoba Fredy Pratama Ubah Pola Pengedaran Narkoba di Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipid narkoba) Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Mukti Juharsa, menyebut jaringan gembong narkoba internasional, Fredy Pratama mengubah pola pengedaran narkoba ke wilayah Indonesia.

Diketahui, Fredy merupakan bandar besar narkoba jaringan Indonesia dan Malaysia yang masih menjadi buronan hingga saat ini.

"Pola mereka [jaringan Fredy] sudah mulai berubah tapi kita sudah tahu pola mereka," kata Mukti di Gedung Bareskrim, Mabes Polri, Jakarta, Selasa, (9/7).

Mukti menyebut, jaringan Fredy masih menggunakan modus yang sama, yakni mengemas narkoba dengan kemasan Teh China.

Namun, ada perbedaan pola pengiriman narkotika ke Indonesia yang dilakukan oleh jaringan Fredy. Terkait pola baru ini, Mukti belum bisa mengungkapnya kepada publik.

"Kemasan masih sama cuma cara dia masuk ke Indonesia itu yang berbeda. Ini sudah kita kantongi semua. Nanti kita dengan Bea Cukai akan melakukan operasi gabungan lagi," ungkap dia.

Diketahui, Fredy Pratama diduga sedang bersembunyi di Thailand. Ia diduga mengendalikan peredaran gelap narkoba jenis sabu dan ekstasi di negara Indonesia dan Malaysia dari Thailand. Fredy dikenal memiliki nama samaran The Secret, Cassanova, Mojopahit, dan Airbag.

Ia juga disebut sudah mengubah identitas dan wajahnya lewat operasi plastik. Polri setidaknya telah menangkap puluhan anak buah Fredy Pratama dalam kasus tindak pidana narkoba serta tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Selain itu, Polri juga telah menyita total miliaran aset dari komplotan Fredy yang telah ditangkap.

14