Home Regional Menuju Pilkada 2024, Tujuh Parpol di Sukoharjo Jalin Kerja Sama

Menuju Pilkada 2024, Tujuh Parpol di Sukoharjo Jalin Kerja Sama

Sukoharjo, Gatra.com - Peta politik Pilkada 2024 di Kabupaten Sukoharjo mulai mengerucut. Ya sejarah baru di Kabupaten Makmur, tujuh partai politik yang memiliki kursi di parlemen menyepakati kerja sama politik dalam mengarungi kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024.

Ketujuh parpol itu yakni PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PKS, PKB, dan Partai Nasdem. Rombongan struktural tujuh parpol berkumpul di kantor DPC PDIP Sukoharjo di Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari sekitar pukul 09.00 WIB.

Prosesi penandatanganan kerja sama politik dilakukan ketua dan sekretaris struktural masing-masing tujuh parpol Sukoharjo tersebut. Sebelumnya, struktural ketujuh parpol itu membahas kerja sama politik yang langsung ditindaklanjuti dengan meneken kerjasama tersebut.

"Setelah tahap fit and proper test bakal calon bupati-calon wakil bupati [cabup-cawabup] di Semarang, kami diminta untuk membangun kerjasama dengan parpol lain. Hari ini tujuh parpol sepakat bekerja sama demi Sukoharjo yang lebih makmur, sejahtera dan mapan," ucap Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto.

Dalam kerja sama politik itu ada beberapa kesepakatan atau konsensus yakni mengusung dan mendukung Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo sebagai bakal cabup-cawabup dalam Pilkada 2024. Hal ini merupakan kesepakatan bersama tujuh parpol yang memiliki kursi di parlemen.

Koalisi parpol besar ini bagian dari membangun legitimasi politik bersama untuk mencari calon pemimpin masa depan yang akan memimpin Sukoharjo lima tahun mendatang. Masing-masing pengurus parpol bakal berkomunikasi dengan pengurus partai di tingkat provinsi hingga pusat sebagai bahan pertimbangan penerbitan rekomendasi.

"Ada perintah mengerucutkan satu pasangan nama. Kemudian, disepakati oleh tujuh parpol untuk mengusung dan mendukung Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo sebagai bakal cabup-cawabup dalam pilkada," imbuhnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo Sardjono mengatakan, Partai Golkar telah membersamai cabup dari PDIP selama satu dekade terakhir. Baik saat mendukung Wardoyo Wijaya maupun Etik Suryani saat hajatan Pilkada Sukoharjo. Sehingga kerja sama ini dilanjutkan dengan membangun komitmen bersama untuk Sukoharjo yang lebih makmur dan sejahtera.

"Insya Allah, Partai Golkar kembali bergabung dan mendukung cabup dari PDIP untuk ketiga kalinya," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Sukoharjo Sunoto menuturkan, kader PAN siap bekerja keras mendukung pasangan Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo dalam pesta demokrasi terbesar di Kabupaten Jamu yang digelar pada 27 November.

"PAN baru sekali ini bergabung dengan PDIP. Namun, kami yakin dan optimistis, koalisi yang dibangun ini akan membawa kemajuan positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sukoharjo," ujarnya.

Ditambahkan Ketua DPC PKB Sukoharjo Syarif Hidayatullah, koalisi besar yang dibangun tujuh parpol merupakan simbol kemenangan besar rakyat Sukoharjo. Kader dan simpatisan tujuh parpol bakal merapatkan barisan untuk memenangkan pasangan bakal cabup-cawabup Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo.

28