Home Pendidikan UIN Salatiga dan UNS Surakarta Siap Gelar Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

UIN Salatiga dan UNS Surakarta Siap Gelar Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024

Jakarta, Gatra.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi kampus PTN dan PTS sebagai pertama yang menyatakan kesiapan-nya untuk acara Orasi kebangsaan dan Sosialisasi Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024. Dimana rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus 2024 dihadapan ribuan mahasiswa baru.

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Tim Jurnalis Kebangsaan, Joko Sulistyanto mengatakan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) ke 14. .

"Saat ini yang sudah memberikan Surat Kesediaan Penyelenggaraan Orasi Kebangsaan dan Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa 2024 ada dua kampus. Yang pertama dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta,” kata Joko dalam keterangannya, Kamis (18/7).

Di kesempatan yang sama, Ketua Tim Pelaksana Dedi Yudianto mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 38 Koordinator di seluruh Indonesia yang siap menggelar event akbar kompetisi jurnalis ini. Yang mana Kana di gelar di banyak kampus secara serentak di 38 provinsi se-Indonesia..

Ketua Komite Penyelarasan TIK selaku pihak penyelenggara bersama dengan BNPT ini juga menambahkan, persiapan kompetisi ini sudah cukup matang dan terencana.

"Pihak Kemenko Polhukam serius mendukung pelaksanaan kegiatan kompetisi jurnalis kebangsaan ini,” ucap Dedi.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pelaksana yang juga Tenaga Ahli Sinergitas Bidang Kemitraan Warung NKRI Digital BNPT, Soegiharto Santoso menambahkan, Tim Teknis yang merumuskan mekanisme penjurian sudah ditugaskan untuk menyiapkan perangkat penilaian seluruh karya jurnalistik para peserta.

“Selain itu peserta dari kalangan mahasiswa bakal dibekali dengan pelatihan pers tentang dasar-dasar menulis berita dan pengambilan gambar foto, sesuai standar jurnalistik,” terang Hoky.

Sementara itu Sestama BNPT, Bangbang Surono mengatakan, pihak BNPT akan melaksanakan pembentukan Kampus Kebangsaan dan juga sudah bekerjasama dengan KPTIK untuk melaksanakan Kompetisi Jurnalis Kebangsaan Mahasiswa.

“Kompetisi Jurnalis Kebangsaan ini merupakan panggung bagi mahasiswa untuk menggali potensi sebagai agen perubahan dalam membangun semangat kebangsaan melalui karya Jurnalis Mahasiswa” ujar Bangbang.

30