Home Regional Gandeng Kampus hingga Usaha Kuliner, Kasunanan Surakarta Komitmen demi Lestarikan Tradisi dan Budaya

Gandeng Kampus hingga Usaha Kuliner, Kasunanan Surakarta Komitmen demi Lestarikan Tradisi dan Budaya

Solo, Gatra.com - Kasunanan Surakarta berkomitmen untuk terus melestarikan tradisi dan budaya. Untuk itu, mereka bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mendukung pelestarian budaya dan tradisi.

Dalam beberapa momen upacara adat, Kasunanan Surakarta bekerja sama dengan kampus atau perusahaan, seperti Ayam Bakar Wong Solo dan dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Terkait kerja sama ini, KP Eddy Wirabhumi dari Lembaga Dewan Adat Kasunanan Surakarta, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak untuk jalinan kerja sama dalam sejumlah gelaran, seperti prosesi Wilujengan Adeging Nagari.

"Kita terus mengupayakan agar pelestarian budaya dan tradisi di keraton ini tidak pernah luntur. Untuk itu kerja sama dengan berbagai pihak diperlukan,” ujarnya.

Di sisi lain, pemilik usaha kuliner Ayam Bakar Wong Solo, Puspo Wardoyo, mengaku selama ini memiliki kedekatan emosional dengan kerabat keraton. Hal ini membuat dirinya berusaha untuk terus memberikan dukungan.

”Ya dukungan ini kami berikan karena sejauh ini banyak putra dan putri Sinuhun PB XII yang merupakan teman saya. Sekaligus kami ingin agar budaya dan tradisi di keraton ini terus berjalan baik dan lestari,” ujarnya.

Adapun Rektor UNS terpilih, Hartono, mengatakan UNS dan Kasunanan bekerja sama dalam pelestarian dan pengembangan keraton terkait pengobatan tradisional herbal. Sebab pengobatan tradisional ini merupakan ilmu yang menjadi warisan nenek moyang.

”Kami berharap ke depan ada kerja sama untuk menemukan harta karun pengobatan tradisional herbal yang tersimpan di Keraton Surakarta sejak nenek moyang kita," katanya.

12