Home Regional Survei Poltracking: Elektabilitas Jaro Ade Teratas di Bursa Calon Bupati Bogor 2024

Survei Poltracking: Elektabilitas Jaro Ade Teratas di Bursa Calon Bupati Bogor 2024

Jakarta, Gatra.com - Ade Ruhandi atau yang lebih dikenal sebagai Jaro Ade menempati peringkat teratas menunjukkan dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor berdasarkan survei terbaru Poltracking Indonesia. Program Director Poltracking Indonesia, Masduri Amrawi mengatakan bahwa elektabilitas Jaro Ade mengalami kenaikan.

“Hasil survei yang kami lakukan, popularitas dan elektabilitas bapak Jaro Ade jauh meninggalkan lawannya,” ujar Masduri Amrawi di Jakarta, pada Selasa (23/7).

Survei Poltracking Indonesia, yang dilakukan antara 7 hingga 15 Juli 2024, menunjukkan peningkatan signifikan dalam angka elektabilitas dan popularitas Jaro Ade.

Dalam simulasi yang mencakup empat calon bupati Bogor, Jaro Ade memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 49.0%, diikuti oleh Elly Rachmat Yasin dengan 26.6%.

“Di urutan ketiga ada Iwan Setiawan dengan 19.8%, sementara Rudy Susmanto dari partai Gerindra memperoleh 2.3%,” tambah Masduri.

Masduri menjelaskan bahwa dalam simulasi keempat calon yang bertarung untuk kursi bupati Bogor, Jaro Ade tetap unggul jauh dibandingkan dengan tiga kandidat lainnya yang menjadi perbincangan di masyarakat Kabupaten Bogor.

"Simulasi yang kami lakukan jika empat bakal calon bupati Bogor ini mengikuti kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor, bapak Jaro Ade tetap di posisi paling tinggi,” ungkap Masduri.

Poltracking Indonesia juga mensimulasikan skenario dengan Jaro Ade, Iwan Setiawan, dan Rudy Susmanto sebagai calon bupati. Hasilnya, Jaro Ade mendapat 55.3%, Iwan Setiawan 22.3%, dan Rudy Susmanto 3.3%.

 

 

 

 

“Jika pilkada diikuti oleh Jaro Ade, Elly Rachmat Yasin, dan Iwan Setiawan, hasilnya adalah Jaro Ade 49.5%, Elly Rachmat Yasin 27.2%, dan Iwan Setiawan 20.1%,” jelasnya.

Dengan Pilkada Kabupaten Bogor yang dijadwalkan pada November 2024, Masduri menyatakan bahwa masih ada waktu sekitar empat bulan untuk para calon bupati meningkatkan popularitas dan elektabilitas mereka.

“Manfaatkan waktu yang tersisa untuk terus menggerakkan tim dan relawan agar popularitas dan elektabilitas para calon terus naik,” kata Masduri.

Ia juga mengingatkan tim dan relawan Jaro Ade untuk tidak berpuas diri dengan perolehan angka yang tinggi, dan terus melakukan sosialisasi baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media dan media sosial.

“Sedangkan untuk calon yang lain khususnya pak Rudy Susmanto, ini harus lebih ekstra dan lebih masif lagi tim dan relawannya, mengingat perolehan angka persentasenya sangat jauh dibawah,” pungkasnya.

 

45