Home Kesehatan Kepala Shower Kaya Bakteri, Berpotensi Picu Infeksi Paru-paru

Kepala Shower Kaya Bakteri, Berpotensi Picu Infeksi Paru-paru

Jakarta, Gatra.com - Kepala pancuran atau shower, ternyata menyimpan banyak bakteri dan berpotensi menimbulkan banyak penyakit, mulai dari penurunan kekebalan tubuh atau kelelahan, demam, keringat dingin, hingga paling parah bisa memicu infeksi paru-paru.

Dilansir dari Huffington Post, majalah Inside Edition baru-baru ini menguji 11 kepala shower yang berbeda dan menemukan banyak tempat subur untuk bakteri dan jamur.

Mikrobiolog dari Virginia Tech University, Joseph Falkingham, yang mengawasi pengujian tersebut mengaku terkejut dengan hasilnya. Ia mengatakan temuan itu sempat membuatnya khawatir.

Dalam temuannya, Joseph menuturkan ada suatu jenis mikrobakteri yang berhubungan dengan infeksi paru-paru, serta kelelahan, demam, dan keringat dingin. Jenis bakteri itu disebut sebagai 'pelaku utama', atau jenis yang paling banyak hinggap di kepala shower.

Langkah solutif untuk mengantisipasi adanya penyakit tertentu akibat shower yang digunakan, Joseph menyarankan merendamnya dalam pemutih selama 30 menit setidaknya sebulan sekali dan benar-benar membilasnya. "Jika Anda melakukannya sebulan sekali, mikobakteri yang menempel sangat rendah," kata Joseph.

Jenis bakteri ini ada di semua sumber air umum meskipun tidak sakit memicu sakit setelah meminumnya.  Namun, mereka yang cenderung berusia setengah baya dan memiliki riwayat penyakit sebelumnya, seperti penyakit paru-paru, gangguan kerongkongan dan sistem kekebalan tubuh yang lemah, rentan terkena dampak adanya bakteri ini.

944