Home Ekonomi Malindo Air Tergelincir, Bandara Husein Sastranegara Tutup Sementara

Malindo Air Tergelincir, Bandara Husein Sastranegara Tutup Sementara

Bandung, Gatra.com - Pesawat Malindo Air rute Bandung - Kualalumpur dengan nomor penerbangan OD-301, tergelincir. Bandara Husein Sastranegara, Bandung tutup sementara.

"Penerbangan closed, sampai terlaksana evakuasi," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Bonang Bayuaji, Kamis (20/6).

Menurutnya, saat ini evakuasi sudah dikakukan. Seluruh penumpang pesawat dan kru dalam kondisi aman, dan sudah kembali ke terminal. Bandara kembali dibuka apabila tidak ada lagi halangan di landasan.

Baca Juga: Malindo Air Keluar Landas Pacu di Bandung

Bonang juga mengatakan, pihaknya sudah menghubungi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mempersiapkan evakuasi serta penyelidikan lebih lanjut terkait tergelincirnya pesawat Malindo Air. 

"Kami sedang dilaksanakan persiapan evakuasi, mengambil dokumentasi lengkap untuk penyelidikan lebih lanjut," jelasnya. 

Berdasarkan keterangan yang diterima oleh Gatra.com, pesawat Malindo Air rute Bandung-Kualalumpur yang mengangkut 114 penumpang itu, tergelincir ketika akan lepas landas (take off) pada pukul 14.30 WIB. Seluruh badan pesawat keluar jalur, sementara sayap bagian kiri masih berada di landasan. 

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, untuk sementara jadwal penerbangan ditutup. Jadwal kedatangan dialihkan ke Bandara Cengkareng atau Halim Perdana Kusuma.

Mewakili Malindo Air, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, meminta maaf atas kejadian tersebut.

"Kami meminta maaf atas ketidaknya­manan yang ditimbulk­an dan ingin menegas­kan kembali bahwa Ma­lindo Air mengutamak­an faktor keselamatan sebagai prioritas utama," katanya dalam keterangan tertulis.
 


Reporter: Mega Dwi Anggraeni
Editor: Putri Kartika Utami