Home Milenial PPDB Belum Diumumkan, Orang Tua Siswa Gigit Jari

PPDB Belum Diumumkan, Orang Tua Siswa Gigit Jari

Banyumas, Gatra.com - Sejumlah orang tua dan calon peserta didik yang menunggu pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA di wilayah Banyumas, Jawa Tengah, terpaksa gigit jari. Sebab, mereka mengira pihak sekolah mengumumkan hasil pendaftaran pada Selasa (9/7) pagi.
 
Gatra.com menemui beberapa orang tua dan calon peserta didik yang mendatangi SMA Negeri 1 Patikraja sejak pukul 7.30. Mereka berupaya mencari kepastian waktu pengumuman hasil PPDB. 
 
"Tadi sudah tanya-tanya, katanya belum diumumkan. Besok diminta kembali lagi ke sini. Ya sudah, kita pulang saja," ujar Kusmiyati (39).
 
Warga Desa Binangun, Kecamatan Banyumas,  itu juga mengaku telah mencabut berkas putrinya di SMA negeri 1 Banyumas. Sebab, menurut informasi dari pihak sekolah, anaknya diterima di SMA Negeri 1 Patikraja melalui jalur prestasi. 
 
Orang tua siswa lainnya, Kasmini (38), mengaku tidak tenang lantaran belum mendapat kepastian putranya diterima atau tidak. Oleh karena itu, dia mendatangi sekolah tersebut sejak pagi. 
 
"Inginnya tidak pakai zonasi. Kalau diterima di (SMA Negeri  1) Patikraja itu lebih jauh dari rumah. Kasihan anak, kendaraan umum juga lebih sulit dibanding diterima di SMA 1 Banyumas. Belum ada pengumuman jadi saya tidak tenang," katanya.
 
Ketua PPDB Online SMA Negeri 1 Patikraja, Heru Sulistyanto, mengatakan, pihak sekolah sebenarnya telah siap untuk mengumumkan hasil PPDB. Namun, dia mendapat informasi dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, pengumuman hasil PPDB masih menunggu Surat Keputusan Gubernur Jateng. 
 
"Sebenarnya sudah siap semua. Papan (pengumuman) tinggal dipajang. Tapi pengumumannya menunggu SK Gubernur. Ya (pengumuman) paling lambat nanti malam, pukul 23.59," katanya. 
 
Selain di SMA Negeri 1 Patikraja, kondisi serupa  terjadi di SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas. Puluhan orang tua dan peserta didik terlihat menanti pengumuman di halaman sekolah.
 
Plt. Kepala SMA negeri 2 Purwokerto, Tugiono, mengatakan, sesuai juknis (petunjuk teknis) pengumuman hasil PPDB akan disampaikan pada Selasa (9/7).  Dengan didampingi orang tua, sejumlah calon peserta didik sudah datang ke sekolah sejak pagi.
 
"Setelah kami konfirmasi kepada panitia PPDB di tingkat provinsi, pengumuman hasil PPDB tetap akan disampaikan tanggal 9 Juli. Namun untuk jamnya memang belum diketahui, batasnya sampai pukul 23.59," kata dia.
 
Tugiono mengatakan, pengumuman hasil PPDB tersebut nanti akan diunggah oleh panitia PPDB provinsi ke laman PPDB. Setelah diunggah,  panitia tingkat sekolah akan mengunduh dan memasangnya di papan pengumuman  untuk diketahui calon siswa/orang tua siswa. 
 
565