Home Olahraga Haornas Sumut 2019 53 Insan Olahraga Terima Penghargaan

Haornas Sumut 2019 53 Insan Olahraga Terima Penghargaan

Langkat, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berikan penghargaan kepada 53 insan olahraga dalam rangka puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVI/2019 Sumatera Utara di Lapangan Alun-alun Pemkab Langkat, Stabat, Rabu (18/9).

Penghargaan langsung diserahkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada 53 insan olahraga dan badan usaha yang telah berkontribusi persembahkan prestasi bagi Sumut, baik tingkat nasional hingga internasional.

Baca Juga: Pemkab Taput Bagikan Dana Pembinaan Atlet Berprestasi

Ada pun kategori yang mendapat penghargaan dari Pemprovsu, yakni, olahraga prestasi, olahraga pendidikan, pelatih berprestasi, pembina olahraga. Kemudian, penggerak olahraga, jurnalis olahraga dan badan usaha/lembaga/instansi.

Turut hadir Bupati Langkat, Terbit Rencana Peranginangin, dan wakilnya, Syah Afandin, Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis, serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sumut dan Kabupaten Langkat. Dalam sambutannya, Edy mengatakan, penghargaan itu menjadi motivasi untuk raih dan tingkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga: Haornas di Ambon, 46 Atlet Dapat Uang Pembinaan

"Masa depan olahraga nasional dan masa depan olahraga provinsi ada terletak di tangan kalian semua. Untuk kalian capai prestasi demi nama besar terkhusus Sumut, salah satu kegiatan yang harus kita optimalkan," tutur Edy.

Kesempatan tersebut mantan Pangkostrad TNI AD itu juga mengajak atlet dan para penggiat serta insan olahraga untuk bersiap Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah PON 2024 mendatang. Persiapan tak hanya fokus pada sarana dan prasarana, namun, terpenting juga dari segi prestasi.

Baca Juga: Porkot Medan XI, Cari Atlet Medan di PON 2024

"Apalagi tahun 2024, pada PON ke-21 itu berada di Sumut dan Aceh. Siapkan mental kalian, siapkan kalian untuk berlatih mencari bibit talenta olahraga - olahraga kita," tegasnya.

Sedangkan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengajak para insan olahraga untuk lebih memaknai Haornas yang diperingati tiap 9 September. "Ini sebagai seremonial Haornas, tetapi kita maknai bahwa setiap hari olahraga nasional kita seluruh masyarakat harus siap menggerakkan olahraga. Nantinya olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan kita bisa menghasilkan atlet -atlet berprestasi," tutur John.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Stadion Manahan Bulan Depan

John juga mengimbau, seluruh daerah di Sumut mulai gelorakan PON 2024, dimana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh. Sumut sendiri, beber John, tengah menyiapkan sport center yang akan dibangun tak jauh dari bandara internasional Kualanamu, di Desa Sena Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deliserdang.

"Lahan belum bebas secara pemerintahan, tapi Pak Gubsu sudah mendapatkan lokasi dan persetujuan secara lisan dan tertulis dari PTPN sudah ada. Sekarang lagi pekerjaan master plan," terang John.

Reporter: Iskandar

224