Home Politik Kasus Pencemaran Sungai Cileungsi, Pemprov Jabar Buat Satgas

Kasus Pencemaran Sungai Cileungsi, Pemprov Jabar Buat Satgas

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan membuat satuan tugas (satgas) untuk menangani masalah pencemaran di Sungai Cileungsi, Bogor. Hal itu dikatakan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat menyambangi kantor Ombudsman RI, Jakarta, Jumat (20/9).
 
"Kami berkomitmen membuat satuan tugas secepatnya. Kami juga akan coba membuat MoU dengan berbagai pihak, seperti TNI, untuk terlibat dalam penanganan pencemaran Sungai Cileungsi," kata dia.
 
Tidak hanya itu, untuk memperjelas keberadaan satgas tersebut, Gubernur yang kerap disapa Kang Emil itu menyatakan, bahwa pihaknya akan membentuk aturan hukum yang berbentuk Surat Keputusan (SK) dan MoU.
 
Dengan adanya satgas beserta aturan yang memayunginya, Kang Emil berharap, pihaknya dapat menyelesaikan pencemaran di Sungai Cileungsi. Pun dengan sungai-sungai lain yang dilewatinya, di daerah Bogor dan Bekasi. Nantinya, payung hukum bagi Satgas Sungai Cileungsi merujuk pada keberhasilan Satgas Sungai Citarum yang akan dibuat dengan mengeluarkan SK gubernur dan MoU. "Sungai Cileungsi ini sebenarnya sudah jadi perhatian kami dari dulu. Karena itu kan melewati dua wilayah, yaitu di Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi," tutur Emil.
88