Home Ekonomi Ada Apa Saja Di Pabrik Wuling

Ada Apa Saja Di Pabrik Wuling

Cikarang, Gatra.com - Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat menunjukkan kelasnya sebagai pabrik dengan kualitas tinggi sehingga produknya bisa diterima pasar internasional. Dari pabrik seluas 60 ha itu diekspor kendaraan SUV ke Thailand, Brunei dan Fiji. Model yang dipasarkan adalah Wuilnf Almaz yang di rebadge menjadi Chevrolet Captiva.

Dengan mengaplikasikan ‘Global Manufacturing System’ (GMS), pabrik ini mampu mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Pabrik Wuling sendiri didukung oleh empat fasilitas produksi yang terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan.

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih. Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat. Kemudian ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi cat terdepan. Terakhir, General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil,yang dilengkapi dengan sistem untuk mendeteksi kualitas produk.

Selain didukung dengan fasilitas yang lengkap, pabrik Wuling juga mengusung teknologi modern. Mulai dari Press Shop yang dilengkapi dengan sistem robotik yang berkapasitas average 8 Strokes per Minute (SPM). Untuk menyatukan beragam komponen, di Body Shop digunakan proses welding dengan pengukuran 3-dimensi melalui Coordinate Measuring Machine (CMM). Proses selanjutnya adalah painting (pengecatan) yang mengaplikasikan proses 3C1B (3-coat 1-bake). Kemudian, proses perakitan pun diakhiri dengan General Assembly dan Vehicle Quality Test (Static dan Dynamic Test), untuk memastikan setiap komponen terpasang berfungsi dan produk pun telah memenuhi standar.

“Ini menjadi sejarah dan kebanggaan bagi kami untuk mengukuhkan komitmen jangka panjang Wuling di Tanah Air dengan menjadikan fasilitas produksi di Cikarang sebagai pilar bagi otomotif dunia. Dimulainya kegiatan ekspor ini turut membuktikan bahwa produksi anak bangsa Indonesia mampu bersaing di tingkat mancanegara,” jelas Xu Feiyun selaku President Wuling Motors.

Tercatat ada empat model kendaraan yang dibuat di pabrik Wuling, yaitu seri Confero, seri Cortez, Formo serta Almaz. Sejak beroperasi pada 11 Juli 2017, Wuling sudah mengirimkan lebih dari 30.000 unit ke tangan konsumen Indonesia.

“Dengan sinergi kecanggihan teknologi pabrik, standar Global Manufacturing System, dan sumber daya manusia yang unggul, kami akan memperluas ekspor ke negara tujuan lainnya dan terus berkontribusi lebih untuk Indonesia,” tambah Xu Feiyun dalam siaran pers.


 

877