Home Gaya Hidup Abdul Somad Bungkam Soal Penolakannya di UGM dan Keraton

Abdul Somad Bungkam Soal Penolakannya di UGM dan Keraton

Sleman, Gatra.com - Penceramah agama Islam Abdul Somad enggan menanggapi pembatalan acaranya di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada dan di acara Muslim United di kawasan Keraton Yogyakarta.
 
Namun Somad mengucap syukur karena agendanya yang lain di Daerah Istimewa Yogyakarta berjalan lancar. "Alhamdulillah sukses. Alhamdulillah bagus," kata Somad singkat, usai mengisi acara di Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Sabtu (12/10).
 
Somad menjadi pembicara di acara "Seminar Moderasi Islam: Integrasi Islam dan Ilmu Pengetahuan" selama dua jam di hadapan jemaah yang memenuhi masjid itu. Sekitar pukul 13.00 WIB, Somad mulai tampil dan mendapat sambutan hangat.
 
Tema dan waktu pelaksanaan acara ini sama dengan agenda Somad di UGM yang dibatalkan pihak kampus. Namun Rektor UII Fathul Wahid mengatakan mengundang dai kondang itu sejak satu bulan lalu.
 
Seminar ini bukan kali pertama Somad tampil di UII. "Yang pertama itu tahun 2017. Ini yang kedua kami mengundang beliau dan Ahamdulillah Ustaz Abdul Somad berkenan untuk hadir," katanya. 
 
Menurut Wahid, seminar ini penting untuk membahas penyatuan ilmu pengetahuan dan etika. "Ini penting untuk mengintegrasikan bagaimana ilmu pengetahuan, kepintaran, perlu dibingkai dengan etika, dan itu akan menjadi lebih bermanfaat," kata Wahid ditemui di sela acara. 

Sebelumnya, Somad tak diberi izin mengisi kuliah umum bertajuk "Integrasi Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek): Fondasi Kemajuan Indonesia" di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada pada Sabtu (12/10). 
 
Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menyebut Rektorat UGM telah mengirim surat ke takmir Masjid Kampus UGM. "Lebih kepada alasan acara, pembicara, waktu, dan lainnya yang kurang sesuai. Pihak rektorat menitikberatkan bahwa ketidaksesuaian itu terkait acara dan pembicaranya," ucapnya.
988