Home Politik KPK Ingin Peran Perempuan Lebih Besar dalam Pencegahan

KPK Ingin Peran Perempuan Lebih Besar dalam Pencegahan

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif menginginkan, agar ke depannya, perempuan bisa lebih berperan mencegah korupsi. Ia berharap, Kartini Indonesia bisa mewarnai leadership untuk mencegah tindakan yang merugikan negara. 

Menurut Laode, apabila memperhatikan isu gender, korban tindak pidana korupsi paling banyak yakni kaum rentan, salah satunya perempuan. "Mereka yang mengurus banyak hal mulai dari pendidikan, kesehatan, sampai mengurus KTP dan lainnya kebanyakan perempuan. Jadi mereka itu victim," ujar Laode saat ditemui di Gedung KPK lama Jakarta, Senin (14/10).

Laode menambahkan, isu gender lebih berfokus pada bagian natural resources yang akan berdampak pada perempuan. Dari kasus korupsi yang terjadi, lahan pertanian menjadi berkurang, rusak, dan tercemar. 

"Dalam hal pemberantasan korupsi dan pencegahan korupsi misalnya SPAK (Sayap Perempuan Anti Korupsi) itu bisa lebih banyak bergerak. Kemudian polwan di  banyak memberikan perbaikan dan di pengadilan juga banyak," pungkasnya.

198