Home Milenial Menpan RB Minta Pemda Lain Tiru Kesuksesan Yogyakarta

Menpan RB Minta Pemda Lain Tiru Kesuksesan Yogyakarta

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, mengapresiasi layanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Yogyakarta dan Jawa Tengah. Berdasarkan data pelayanan publik, kedua daerah tersebut tercatat sebagai yang terbaik di Indonesia.

“Acara evaluasi dan penghargaan ini merupakan visi-misi Pak Presiden dan Wakil Presiden. Pak Jokowi ingin mempercepat dan meningkatkan layanan publik di semua sektor,” ujar Tjahjo di Jakarta, Selasa (5/11).

Tjahjo mengatakan, saat ini Kemenpan RB sedang mengevaluasi pelayanan publik di Indonesia. Evaluasi dan penghargaan pelayanan publik tersebut dimaksudkan untuk bisa mempercepat reformasi birokrasi supaya pelayanan publik meningkat, dan mempercepat pemberian izin investasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kemenpan RB telah mengumpulkan data dari seluruh kementerian dan pemda se-Indonesia. Berdasarkan data tersebutlah, Yogyakarta dan Jawa Tengah meraih rangking tertinggi dalam hal pelayanan publik.

“Untuk rekan di daerah lainnya, mohon ditiru pencapaian dari Yogyakarta dan Jawa Tengah ini. Jadi, bukan lagi studi banding, tetapi studi tiru supaya seluruh pemda di Indonesia di dapat melakukan [beberapa] inovasi yang terbaik,” ujar Tjahjo.

 

246