Home Kebencanaan Local Lockdown ala Kota Tegal Cuma Bertahan Tiga Hari

Local Lockdown ala Kota Tegal Cuma Bertahan Tiga Hari

Tegal, Gatra.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Jawa Tengah membuka kembali empat titik jalan yang sempat ditutup menggunakan pembatas beton, Kamis (2/4) malam. Pembukaan jalan ini hanya berselang tiga hari setelah pemkot memberlakukan isolasi wilayah dengan menutup 49 titik jalan.

Empat titik jalan yang dibuka itu yakni Jalan Teuku Umar, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sultan Agung dan Jalan Perintis Kemerdakaan. Pembatas beton atau movable concrete barrier (MCB) yang sebelumnya dipasang untuk menutup keempat ruas jalan itu diambil menggunakan alat berat sehingga semua kendaraan bisa kembali lewat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tegal Herviyanto mengatakan, pembukaan jalan dilakukan menindaklanjuti hasil rapat koordinasi yang digelar Kamis (2/4) sore.

"Pembukaan jalan ini melaksanakan perintah pimpinan, menindaklanjuti rapat tadi sore terkait pembukaan empat titik jalan," kata Harviyanto, Kamis (2/4) malam di Jalan Teuku Umar.

Harviyanto menjelaskan, Jalan Teuku Umar dibuka karena merupakan akses jalan penghubung antarwilayah. Sesuai ketentuan, jalan tersebut tidak boleh dilakukan penutupan. Kemudian Jalan Sultan Agung dan Jalan Jenderal Sudirman dibuka karena merupakan jalan nasional.

"Kalau Jalan Perintis Kemerdekaan, kami buka karena jalan itu untuk akses pengiriman BBM dan sembako," ujar Harviyanto.

Pembukaan keempat jalan tersebut dilakukan setelah pemerintah pusat mengeluarkan Peraturan Pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mempercepat pencegahan dan penanganan penyakit Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga sudah meminta seluruh pemerintah kabupaten dan kota, termasuk Pemkot Tegal mengevaluasi dan menyesuaikan kebijakan yang diambil dengan isi PP tersebut.

Sebelumnya, Pemkot Tegal memberlakukan isolasi wilayah dengan menutup 49 titik jalan menggunakan pembatas beton sejak 30 Maret 2020 dan direncanakan hingga 30 Juli 2020. 49 titik jalan yang ditutup itu termasuk Jalan Teuku Umar, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Perintis Kemerdakaan.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) terjun langsung saat dilakukan penutupan jalan di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Debong, Kecamatan Tegal Selatan, Minggu (29/3) sore. Ruas jalan ini berada di perbatasan Kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

Saat itu, Dedy Yon menyebut kebijakan isolasi wilayah yang sempat ia sebut sebagai local lockdown dilakukan untuk membantu pemerintah pusat dalam mencegah meluas penyebaran virus corona. Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak kepala daerah yang lain memberlakukan kebijakan isolasi wilayah sebelum terlambat.

20783