Home Kebencanaan Puluhan Dokter dan Tenaga Medis di Semarang Positif Corona

Puluhan Dokter dan Tenaga Medis di Semarang Positif Corona

Semarang, Gatra.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Semarang menyebutkan sekitar 40an dokter dan tenaga medis dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19.

Ketua IDI Kota Semarang dr. Elang Sumambar, mengatakan para dokter tersebut termasuk orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

“Dari hasil tes swab tersenyata ada sekitar 40 dokter positif Covid-19 meski tanpa gejala (OTG),” katanya kepada wartawan di Semarang, Kamis (16/4).

Dari 40 dokter tersebut, lanjutnya, terdapat beberapa adalah dokter spesialis. Saat ini para dokter sedang mengisoalisasi mandiri untuk kesembuhan.

Mengenai penyebab tertularnya para dokter tersebut, Elang, menyatakan tidak bisa memastikan apakah ketika mereka sedang merawat pasien Covid-19 di rumah sakit atau di tempat lain.

Menurutnya karena karena keberadaan virus Corona tidak kelihatan secara kasat mata sehingga tidak bisa terdeteksi keberadaan.

“Para dokter tersebut saat menjalankan tugas merawat pasien Covid-19 telah mengenakan alat pelindung diri (APD) tapi karena virusnya tidak kelihatan sehingga tak bisa diprediksi terkenanya di mana,” ujarnya.

Agar kasus dokter terkena Covid-19 tidak bertambah, Elang, mengimbau kepada masyarakat menjaga kebersihan tangan, dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun.

Masyarakat mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak ke luar rumah.

“Bila masyarakat sakitnya tidak gawat supaya tidak perlu datang ke fasilitas kesehatan, seperti puskesmas atau rumah sakit, tapi cukup konsultasi melalui Whatsapp kepada dokter. Ini untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 bagi dokter dan pasien,” harap Elang.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas RSUP dr. Kariadi Semarang, Rochayatun, membenarkan adanya sejumlah dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya positif Covid-19.

“Saya sudah konfirmasi ke Kepala Bidang Pelayanan Medis memang ada sejumlah pegawai kami positif Covid-19. Saat ini mereka memang ditempatkan di salah satu hotel milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah,” ujar dia.

Dari informasi yang beredar melalui Whatsapp kalangan jurnalis, salah satu dokter ahli RSUP dr. Kariadi Semarang positif Covid-19 adalah ahli bedah syaraf Prof. Zainal Muttawin

“Mohon doanya, kami dari RSUP dinyatakan swab positif Covid-19 orang tanpa gejala,” tulis Zainal dalam Whatsapp sambil menyebutkan menjalani isoliasi di Hotel Kesambi Hijau milik Pemprov Jawa Tengah.

Terpisah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku prihatin dengan banyaknya Dokter dan tenaga medis tertular virus Corona. Bagimana tidak, para pejuang yang berada di garda terdepan dalam melawan Covid-19, justru tertular. 

Ganjar mengakui, seluruh tenaga medis tersebut sudah diisolasi di Hotel Kesambi Hijau milik Pemprov Jateng. Pihaknya tidak hanya menyiapak fasilitas isolasi, namun juga akan mensuport seluruh kebutuhan para tenaga medis selama menjalani isolasi. 

"Mereka sudah berjuang luar biasa, kami akan suport penuh selama masa isolasi," katanya. 

 

 

885