Home Kebencanaan Polda Jateng Sumbang APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas

Polda Jateng Sumbang APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas

Semarang,Gatra.com - Sebanyak 86 rumah sakit dan 187 Puskesmas yang menjadi rujukan penangan covid-19 di Jateng menerima bantuan alat pelindung diri (APD)  all cover dan alat kesehatan senilai Rp1.6 miliar rupiah dan Polisi Daerah (Polda) Jawa Tengah.
 
Penyerahan bantuan APD ini diserahkan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza kepada perwakilan 8 rumah sakit. Yakni, RSUP dr Kariadi, RSUD KRMT Wongsonegoro, RSUD Tugurejo, RS Bhakti Wira Tamtama Semarang, RS Bhayangkara Semarang, RS Sultan Agung, RS St Elizabeth, dan RS Columbia Asia di Gedung Mapolda Jateng, Jumat (17/4).
 
Dalam sambutannya, Rcyko mengatakan bantuan ini merupakan dukungan dari kepolisian kepada tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan melawan Virus Corona.
 
"Jadi kami Polda Jateng bersama-sama dengan 35 Polres di kabupaten/kota di Jawa Tengah  mengumpulkan uang donasi hingga berjumlah Rp1.6 milyar untuk kemudian diberikan ke tenaga medis dalam bentuk APD all cover, sarung tangan, masker, face shield, minuman dan biskut," ungkapnya.
 
Selain memberikan APD kepada petugas kesehatan, Polda Jateng bersama Kodam IV Diponegoro juga membuka 11 dapur umum yang mana hasil masakannya dibagikan ke warga terdampak corona.
 
"Hari ini kami bersama Kodam IV Diponegoro juga membuka 11 titik dapur umum salah satunya di kawasan Simpang Lima Kota Semarang untuk masyarakat yang mungkin sedang kesulitan," ungkapnya
 
Rycko merinci, sepuluh titik lainnya  tersebar di Kabupaten Pati, Kota Pekalongan, Kabupaten Banyumas,  Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Semarang.
 
Rycko menjelaskan, dapur umum di dibuka menggunakan kendaraan milik Brimob Polda. Sementara kokinya dari anggota TNI dan Polri yang memiliki keahlian memasak.
 
"Jadi pasti rasanya cuma ada dua yaitu enak dan enak banget," kelakarnya.
 
Komandan Sat Brimob Polda Jateng, Kombes Tory Kristianto, menambahkan, satu titik dapur umur dapat menghasilkan hingga 400 nasi bungkus bagi warga Jawa Tengah.
 
"Kalau memang hasilnya bagus dan bermanfaat mungkin akan kita teruskan selama Bulan Ramadhan," tambahnya.
 
Sementara, Direktur Utama RSUP DR Kariadi dr Agus Suryanto meyambut baik pemberian APD bagi tenaga medis se Jateng ini. Menurutnya, bantuan bantuan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh tenaga medis dalam menghadapi Pandemi Corona.
 
"Terimakasih Pak Kapolda Jateng berserta seluruh petugas kepolisian di Jawa Tengah. Bantuan ini sangat berarti bagi," tandasnya.
115